Kunjungai Pangandaran, Menteri Kelautan dan Perikanan Tinjau PIAMARI

oleh -236 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M., mengunjungi Pangandaran, Senin (3/5/2021).

Kedatangan Menteri KKP disambut hangat Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata.

Ada 4 agenda Menteri KKP saat mengunjungi Pangandaran yaitu:

1) Peninjauan pabrik pakan mandiri dengan kegiatan peninjauan mesin pembuat pakai ikan apung, pelepasan bantuan pakan 2 unit truk.

2) Peninjauan Poltek Kelautan dan Perikanan Pangandaran dengan kegiatan tebar benih udang, peninjauan hasil olahan, bak budidaya udang, lobster, ikan hias, dan tanam pohon.

3) Peninjauan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute (PIAMARI) melihat aquarium di lantai 1, menyaksikan video BMKT, pelepasan ikan hias, meninjau aquarium di lantai 2, meninjau alat pemantau lingkungan tambak garam (pentagar), perangkat ukur murah untuk muka air laut (pumma).

4) Peninjauan Pelabuhan Perikanan Cikidang (DJPT), peninjauan dermaga, peninjauan TPI memberikan bantuan sembako, dan BLU LPMUKP.

Saat memantau PIAMARI, Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan, penataan PIAMARI akan terus dilanjutkan.

“Ini aquarium bagus yang menurut saya perlu dilanjutkan. Tapi, perlu koreksi dari sisi penataan dan dari sisi ikan supaya lebih menarik,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada 2 alasan didirikan PIAMARI. Pertama, edukasi tentang biota kelautan, kelengkapan biota kelautan, sejarah dari ikan (asalnya dari mana dan bagaimana karaktristik), dan profil ikan.

Yang kedua, lanjutnya, untuk rekreasi.

“Kedua hal ini belum memenuhi syarat. Tapi, dari sisi letak kalau menurut saya ini cukup bagus karena di sini wilayahnya wilayah pariwisata,” ujarnya.

Ditambahkannya, PIAMARI mempunyai peran penting untuk penjagaan kesehatan laut.

“Model seperti ini harus dibangun. Nanti saya akan bekerja sama dengan Menteri Pariwisata. Kita akan sampaikan kita punya kepentingan-kepentingan terhadap riset, kepentingan terhadap keberlanjutan daripada biota kelautan, dan kita mempunyai kepentingan terhadap penjagaan kesehatan laut. Kesehatan laut masa depan kita,” imbuhnya.

Sementara Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, PIAMARI menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“PIAMARI ini dibangun dan menjadi kebanggaan masyarakat Pangandaran. Ada dua keuntungan dari piamari ini yaitu akses penelitian dan destinasi wisata,” ujarnya.

Untuk mendukung keberadaan PIAMARI, lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Pangandaran sedang membangun jalan yang menghubungkan Pelabuhan Cikidang dengan Pantai Pangandaran.

“Kita sedang menata jalan menghubungkan Pelabuhan dengan Pantai Pangandaran. Mudah-mudahan dengan beliau hadir di sini, PIAMARI 2021 selesai sehingga Pangandaran semakin maju wisatanya,” tandas Bupati. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.