Yasmin Sanad Yakini Cerita Rakyat Nusantara Media Edukasi yang Efektif

Share

Didikpos.com – Menyikapi Hari Anak Sedunia, yang jatuh setiap 20 November, Calon anggota legislatif (Caleg) Daerah pemilihan (Dapil) 5 Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yasmin Sanad, meyakini jika Cerita Rakyat Nusantara dapat menjadi media edukasi yang efektif.

Sebagai ibu dari tiga orang anak, calon anggota legislatif nomor urut 1 di Dapil 5 ini memiliki kebiasaan selepas sholat isya. Ia bersama ketiga anaknya, Athirah (7 tahun), Ameerah (6 tahun) dan Ammar (4 tahun), selalu berkumpul untuk menyaksikan film cerita anak nusantara.

“Selama menonton anak-anak khusyu, kalau tidak mengerti mereka langsung bertanya,” kata Yasmin.

Cerita anak Nusantara, kata Yasmin, adalah cerita rakyat yang berasal dari Nusantara, biasanya mengisahkan tentang hewan-hewan yang digambarkan sebagai tokoh-tokoh yang memiliki sifat dan karakter manusia. Atau seorang tokoh manusia yang memiliki karakter baik dan buruk.

Cerita-cerita tersebut, lanjut Yasmin Sanad, sarat dengan nilai-nilai moral yang dapat dijadikan sebagai pendidikan bagi anak-anak.

Selain mengandung pesan moral, aktivitas pembelajaran tersebut juga dapat melanggengkan warisan budaya Indonesia.

Yasmin Sanad

“Saya ingin memastikan bahwa anak-anak Indonesia tidak hanya tahu, tetapi juga mencintai warisan budaya mereka. Cerita rakyat adalah jendela yang membuka dunia kebijaksanaan nenek moyang kita, dan saya yakin ini dapat menjadi fondasi kuat untuk karakter dan moral yang baik,” ungkap dia.

Disampaikan Yasmin, selain dalam bentuk film, Cerita Rakyat Nusantara juga hadir dalam bentuk aplikasi interaktif, buku cerita, dan video animasi.

“Setiap cerita rakyat dipresentasikan dengan pendekatan kreatif yang menarik, menyelami nilai-nilai tradisional sambil mempertahankan keotentikan asal-usulnya,” papar Yasmin.

Pada kesempatan ini Yasmin Sanad merekomendasikan Cerita Anak Nusantara sebagai pendidikan moral anak.

Cerita Si Kancil

Cerita Si Kancil adalah salah satu cerita anak Nusantara yang paling populer. Cerita ini mengisahkan tentang seekor kancil yang cerdik dan selalu berhasil mengelabui musuh-musuhnya. Cerita ini mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya memiliki sifat cerdik dan bijaksana dalam menghadapi masalah.

Cerita Si Tanggang

Cerita Si Tanggang adalah cerita tentang seorang anak yang durhaka kepada ibunya. Cerita ini mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menghormati orangtua dan tidak bersikap durhaka kepada mereka.

Cerita Timun Mas

Cerita Timun Mas adalah cerita tentang seorang gadis yang diselamatkan oleh seekor mentimun ajaib dari serangan raksasa. Cerita ini mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya memiliki sifat berani dan pantang menyerah.

Cerita Keong Mas

Cerita Keong Mas adalah cerita tentang seorang putri raja yang dikutuk menjadi keong mas. Cerita ini mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya memiliki sifat sabar dan tidak mudah putus asa.
(Gibran)