Alea, Izin Masuk Angin

oleh -116 Dilihat
Share

Reni Hadijani Relawati S.

SEPERTINYA hari ini, Kamis, 26 Maret 2020 berbeda. Cerah sekali. Namun halaman rumah masih becek bekas kemarin hujan turun walau tak lebat. Hanya saja sehari penuh udara dingin dan mendung kelabu… itu kemarin.

Hari ini beda. Anak PAUD pada hadir di ruang mungil garapan Bu Guru yang sejak 1991 menjalankan tugas di sini. Tugas sebagai kader edukasi sesuai amanat almamater.

Alea izin …!

Ia tidak masuk lantaran masuk angin. Kemarin angin kencang memang. Anak yang fit atau orangtua sekalipun akan terganggu.

Alea hari ini istirahat di rumah …

Biasanya Bu Guru akan memberi PR untuk dikerjakan atau dibaca di rumah. Bagi anak yang tidak masuk sekolah tetap akan mendapat info pelajaran hari ini.

Terharu menyaksikan mereka.

Sementara ibu-bapak bekerja, anak-anak ini semangat belajar. Mereka rajin, tekun membaca, menulis, dan berhitung. Sering terdengar hafalan surat-surat pendek Al-quran seperti di mushola. Kadang mereka bernyanyi sambik tepuk tangan.

Betapa riang kalau badan mereka sehat walafiat. Sungguh suasana menyenangkan terlihat.

Orangtua mereka beragam. Ada ibu rumah tangga biasa, pedagang, atau lainnya. Tapi cukup terbantu dengan adanya Kelompok Belajar seperti ini. Anggrek Mandiri nama kelompok ini.

Kemarin ada kunjungan alumni IKIP Bandung yang sengaja ingin mendukung kegiatan. Sudah dipersiapkan bila diperlukan. Begitu kata seorang mitra tadi.

Seperti halnya Alea, anak-anak yang lain akan diperlakukan sama di sini. Uniknya kelompok ini adalah mereka yang datang dari suku manapun. Papua, Jawa, Sunda, Batak, bahkan ada pula keturunan Tionghoa belajar bersama hingga tuntas.

Alea belajar sejak Senin hingga Jumat. Sabtu dan Minggu libur, tapi bisa les privat atau membaca di Pustaka Bina Bangsa.

Semoga Alea cepat sembuh! Begitu kata teman-temannya mendoakan! ***

Reni Hadijani Relawati S., lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda FPBS IKIP Bandung, kini mengelola PAUD di Bandung Barat.

No More Posts Available.

No more pages to load.