Wabup Pangandaran Hadiri Coffee Morning bersama Tagana Indonesia

Share

DIDIKPOS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan, menghadiri Coffee Morning bersama Tagana Indonesia, di Rumah Makan Minasari, Kampung Turis Pangandaran, Senin (29/3/2021).

Hadir dalam acara dalam Rangka HUT Tagana Indonesia ke-17 tersebut, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran H. Wawan Kustaman, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial (Kemnsos) sekaligus Perintis Tagana Andi Hanindito, Kepala Sub-Direktorat Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kemensos Drs. Iyan Kusmadiyana, Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dra. Enok Komaniah, serta Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran.

Wabup Pangandaran, Ujang Endin Indrawan, menuturkan, Tagana sangat berperan penting di Kabupaten Pangandaran, karena Pangandaran termasuk daerah rawan bencana.

“Tagana merupakan satu hal yang sangat penting di Pangandaran karena Pangandaran memang termasuk daerah yang rawan bencana dari laut maupun bencana dari pegunungan. Seperti yang kita ketahui Pangandaran pernah mengalami tsunami pada tahun 2006. Tagana memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat, kewaspadaan masyarakat,” tuturnya.

Di samping itu, lanjut Wabup, adanya Tagana menjadikan spirit di Kabupaten Pangandaran karena Pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata. Meskipun dalam kondisi pandemi, wisatawan masih diharapkan datang ke Pangandaran.

“Ini memberikan spirit tersendiri bagi kami. Mudah-mudahan dalam acara Tagana yang akan dilaksanakan bukan hanya sekadar menumbuhkan motivasi tapi ada sisi lain. Sebagaimana kita ketahui Pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata, maka akan menjadi penataan yang baik dalam kondisi Covid ini,” katanya.

“Selamat datang. Mudah-mudahan acara yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan sukses. Apa yang kita lakukan ini membawa berkah khususnya bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran serta seluruh masyarakat Indonesia. Jangan lupa gunakan protokol kesehatan,” tegasnya.

Kepala Sub-Direktorat Kesiapsiagaan dan Mitigasi,
Drs. Iyan Kusmadiyana, mengatakan, perwakilan Tagana dari 32 Provinsi hadir di Kabupaten Pangandaran.

“Dari 32 provinsi itu, masing-masing 4 orang dan telah hadir para pendamping dari masing-masing Dinas Sosial. Ada 3 kegiatan yang diselenggarakan. Pertama, sebagai puncak acara bakti sosial tagana salah satunya yaitu menanam mangrove. Acara kedua yaitu tentang Jambore, kita laksanakan dengan online dan offline yang akan berlangsung hari ini, sedangkan offline sudah dilaksanakan di cagar alam dan yang ketiga adalah hari puncak tagana,” jelasnya. (des)***