STKIP Sebelas April, Sebelum PPL Mahasiswa Harus Lulus Praktek di Micro Teaching

oleh -207 Dilihat
Share

SUMEDANG, DIDIKPOS.COM – PROGRAM Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Sebelas April Sumedang mempersiapkan mahasiswanya yang akan mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara matang. Itu terlihat dari diwajibkannya mahasiwa  prodi itu mengikuti praktek di Ruang Micro Teaching.

Pembantu Ketua III STKIP Sebelas April  Sumedang, Dr. Asep Saepurokhman, M.Pd., mengatakan, sebelum mengikuti PPL ke SMP dan SMA/SMK, kemampuan mengajar mahasiswa terlebih dahulu digembleng di Ruang Micro Teaching.

“Di ruangan ini tersedia ruang praktek, ruang observer, dan ruang operator. Mahasiswa melakukan simulasi mengajar di ruang praktek. Kemampuan mereka dalam mengajar dinilai oleh kawan-kawannya  sendiri yang memantau di ruang observer. Sedangkan untuk mendeteksi fasilitas micro teaching ini berjalan normal, ada petugas khusus yang memantau di ruang operator,” kata mantan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Sebelas April itu, baru-baru ini.

Menurut Asep, di Ruang Micro Teaching itu, mahasiswa calon peserta PPL melakukan simulasi mengajar seperti berdiri di depan siswa. Beberapa mahasiswa lain yang berada di ruangan itu didesain layaknya siswa yang duduk berderet di ruang kelas.

“Mahasiswa bisa merasakan langsung suasana KBM (kegiatan belajar mengajar). Melalui cara itu, mereka jadi terlatih bagaimana menghidupkan suasana dalam belajar. Diharapkan mereka tak canggung lagi saat mengelola KBM yang sebenarnya,” tambah Asep. (dede suherlan)***

No More Posts Available.

No more pages to load.