5203 Mahasiswa UIN SGD Ikuti KKN di Pelosok Jabar hingga Luar Negeri

oleh -747 Dilihat
Share

BANDUNG, DIDIKPOS.COM – Sebanyak 5203 UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandungpe mengikuti Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat (KKN Sisdamas) UIN SGD Bandung tahun 2019.

Ke-5203 mahasiswa itu berasal dari 48 Program Studi (Prodi S1). Mereka mengikuti KKN Sisdamas mulai 29 Juli sampai 31 Agustus 2019 di 127 desa dan 25 kecamatan yang tersebar di Kota Banjar, Kabupaten Sumedang, Bandung, Pangandaran, Tasikmalaya, Cianjur, Kabupaten Bekasi, Malaysia, dan Thailand.

“Untuk hari ini yang telah diberangkatkan mahasiswa KKN Sisdamas tujuan Kabupaten Bandung, Cianjur, Bekasi, Kota Banjar, dan Pangandaran dengan jumlah mahasiswa 1780 orang. Sedangkan untuk besok (Rabu, 30 Juli 2019) tujuan Sumedang berjumlah 3423 orang. Mohon doa dari seluruh civitas akademika. Semoga selamat di perjalanan dan kembali dangan selamat,” kata
Wakil Rektor I UIN SGD, Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag, saat melepas peserta KKN Sisdamas, di depan pintu gerbang Kampus II, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (30/7/2019).

Asep mengungkapkan, KKN Sisdamas merupakan proses pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di suatu daerah tertentu yang dilakukan oleh mahasiswa untuk ikut serta melakukan pemberdayaan masyarakat.

“KKN Sisdamas bertujuan untuk membelajarkan para mahasiwa di dalam memberdayakan masyarakat dan melakukan pengabdian (layanan) sesuai dengan keahlian mahasiswa pada masing-masing Prodi di masyarakat,” ujarnya.

Lanjut dia, KKN Sisdamas dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat harus meliputi, pertama, pembelajaran masyarakat. Kedua, pendampingan masyarakat. Dan ketiga advokasi.

“Segala program kerja yang akan dilakukan di tengah-tengah masyarakat harus melibatkan aparat pemerintah, warga,” pungkas Asep.(dede suherlan)***

No More Posts Available.

No more pages to load.