Seleksi Calon Peserta Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia III Tahun 2020

oleh -387 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra membuka seleksi calon peserta Munsi (Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia) III Tahun 2020.

“Munsi III tahun 2020 akan dilaksanakan di Jakarta, 10 sampai 12 Juni 2020. Tema yang diusung Munsi III ini ‘Memajankan Sastra Indonesia di Panggung Dunia’. Adapun subtema Munsi III yaitu Sastra Daerah Sebagai Bagian dari Sastra Indonesia Kekayaan pada Era Digital; Sastra Indonesia dalam Sastra Dunia Sastrawan; Media dan Pascarealitas; Sastrawan sebagai Profesi di Panggung Dunia; serta Pendidikan Sastra Indonesia di Panggung Dunia ,” kata plt. Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Gufran Ali Ibrahim, dirilis laman badanbahasa.kemdikbud.go.id.

Gufran menyebutkan, calon peserta Munsi III harus memenuhi kriteria WNI yang berdomisili di Indonesia, telah memublikasikan karya sastra dalam 3 tahun terakhir (baik media massa cetak maupun media massa daring yang sudah terkurasi), dan menulis esai sesuai dengan tema dan subtema Munsi III

“Calon peserta juga harus mengirim biodata sesuai dengan format yang sudah disediakan oleh panitia serta mengirimkan salah satu karya sastra terbaik yang telah dipublikasikan (buku yang dikirim menjadi hak milik Badan Bahasa),” ujarnya.

Berikut informasi lain seputar Munsi III:

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilaksanakan secara daring (on-line) dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Calon peserta mendaftar dengan mengisi formulir pada bit.ly/Munsi2020.

2. Calon peserta mengirimkan biodata dan esai sesuai dengan format terlampir dalam bentuk .pdf ke posel (e-mail) pendaftaran munsi062020@gmail.com.

3. Calon peserta mengirimkan satu buku/karya sastra terbaik yang telah dipublikasikan ke alamat Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Gedung Iswara Lantai I, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur 13220. Bukti pengiriman/cap pos paling lambat 20 April 2020.

Fasilitas Peserta

Peserta terpilih akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

1. Biaya transportasi

2. Akomodasi

3. Uang harian

4. Sertifikat Keikutsertaa

Tanggal-tanggal Penting

1. Pendaftaran calon peserta: 16 Maret s.d. 16 April 2020

2. Batas pengiriman karya (cap pos/bukti pengiriman): 20 April 2020

3. Seleksi administrasi: 30 April 2020

4. Seleksi oleh tim kurator: 4 s.d. 5 Mei 2020

5. Pengumuman hasil seleksi: 11 Mei2020

Ketentuan Lain

Pengumuman peserta terpilih akan disampaikan melalui laman badanbahasa.kemdikbud.go.id dan instagram @badanbahasakemendikbud.

Peserta yang terpilih akan difasilitasi akomodasi, biaya transportasi, dan uang harian selama pelaksanaan Munsi III.

Hal-hal terkait Munsi III dapat disampaikan kepada Sdr. Novi Sylvia (0822-8219-5240) dan Sdr. Hardika Ajeng (0812-9267-5644).

Untuk mengunduh (download) klik Pengumuman Seleksi Munsi III
Untuk mengunduh (download) klik Format Biodata
Untuk mengunduh (download) klik Format Esai ***


No More Posts Available.

No more pages to load.