Darurat Corona, Masuk Unpad Pakai Nilai UTBK Tanpa Tes Tambahan

Share

DIDIKPOS.COM – Universitas Padjajaran (Unpad) menerapkan penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 dan D4 tahun akademik 2020-2021 lewat Seleksi Masuk Unpad berbasis nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK). Hal tersebut dilatari oleh masa darurat wabah pandemi corona yang belum stabil.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pembukaan pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Jalur Mandiri dapat dilakukan mulai 23 Juni di laman http://smup. unpad.ac.id/. Seluruh seleksi akan berbasis dari nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sehingga Unpad tidak akan menggelar tes tambahan lain.

“Kami khawatir pada bulan-bulan tersebut, pandemi belum bersih sama sekali,” ujar Rina.

Pendaftaran seleksi sendiri dibuka sebelum pelaksanaan UTBK dan SBMPTN, yaitu 5 – 12 Juli. Dengan demikian, penilaian pada Jalur Mandiri, Kelas Internasional, dan Jalur Prestasi akan dilakukan setelah pelaksanaan UTBK.

Rina menjelaskan, seleksi Jalur Mandiri akan murni menggunakan hasil penilaian UTBK. Untuk jalur Kelas Internasional, penilaian akan menggunakan hasil UTBK ditambah tes kemampuan bahasa Inggris.

Sementara untuk Jalur Prestasi, penilaian akan menggunakan hasil UTBK serta portofolio prestasi yang berhasil diraih peserta.
Menurut Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, ada sejumlah prestasi yang bisa dimasukkan antara lain olimpiade sain, olimpiade penelitian, festival inovasi dan kewirausahaan, lomba debat, hingga tahfiz Al-quran.

“Kriteria lebih lengkap nanti bisa dilihat di laman smup.unpad.ac.id,” ujar Boy.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, mengatakan, seleksi mandiri tidak hanya diikuti oleh peserta lulusan tahun terbaru saja. Bagi peserta yang tidak sempat mengikuti UTBK tahun ini, atau yang sudah pernah mengikuti UTBK pada tahun sebelumnya, maka data yang diambil adalah data UTBK yang lama.

Dikatakan Arief, untuk pembukaan pendaftaran Sarjana Terapan sendiri disesuaikan dengan pendaftaran Jalur Mandiri, Kelas Internasional, dan Jalur Prestasi, yaitu 23 Juni.

Pendaftaran Sarjana Terapan sendiri memiliki dua jalur, yaitu Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK, serta Jalur Prestasi dengan menggunakan nilai UTBK ditambah portofolio prestasi. Pada tahun lalu, Unpad melakukan bentuk seleksi mandiri dengan ujian tambahan seperti yang dilakukan oleh beberapa prodi di Unpad seperti wawancara, tes TOEFL, portofolio, tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), dan tes praktikum. (asep gp)***