Tahun Ajaran Baru Masa Pandemi Covid-19: Kemendikbud Luncurkan Webinar Guru Belajar

Kemendikbud melalui Ditjen GTK meluncurkan "Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi", Senin (29/6/2020), (Foto: Ditjen GTK Kemendikbud).

Share

DIDIKPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) meluncurkan “Seri Webinar Guru Belajar: Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi”, Senin (29/6/2020).

Webinar Guru Belajar ditujukan untuk guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, orang tua, dan para insan pendidikan. Seri Webinar ini diharapkan dapat menghidupkan ruang diskusi dan mewarnai ruang pembelajaran para guru pada masa pandemi Covid-19.

Dalam siaran pers yang disampaikan Kemendikbud disebutkan, Webinar Guru Belajar akan diselenggarakan secara berkelanjutan selama satu bulan ke depan. Akan hadir tema-tema dan narasumber dari kalangan guru, akademisi, praktisi, unsur pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal GTK, Nunuk Suryani, mengatakan, kegiatan Seri Webinar ini merupakan upaya menyambut tahun ajaran baru di tengah pandemi Covid-19.

“Memasuki tahun ajaran baru, kita harus menyiapkan seluruh kondisi sebaik mungkin, sehingga kita siap mendampingi seluruh peserta didik kita menyambut tahun ajaran baru yang akan datang,” ujarnya.

Disebutkannya, tahun ajaran baru ini 4 kementerian telah mengeluarkan surat edaran. Dalam surat edaran tersebut diberikan petunjuk, larangan, dan tata cara menyelenggarakan pembelajaran pada tahun ajaran yang akan datang.

“GTK meluncurkan program webinar seri, yang mana ini seri pertama. Jika sambutan masyarakat belum berhasil menjawab kebutuhan masyarakat dan insan pendidikan, kami akan luncurkan seri–seri berikutnya,” ujarnya.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan GTK, Iwan Syahril, mengatakan, menghadapi pandemi Covid-19 ini, semua bidang, khususnya bidang pendidikan mengalami masa-masa yang sulit.

Dia menjelaskan, berdasarkan data lebih dari 1,3 miliar murid harus belajar dari rumah. Ini disebabkan karena instansi pendidikan menutup kegiatan belajar mengajar dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurutnya, kondisi seperti ini tidaklah mudah. Untuk merespons tantangan ini, Kemendikbud melalui Ditjen GTK mengadakan Seri Webinar Guru Belajar.

“Tujuan inti dari Seri Webinar Guru Belajar adalah untuk menghimpun seluruh energi positif dalam merespons tantangan-tantangan saat ini. Sehingga kita semua merasa berdaya kemudian kita mau memberdayakan yang lainnya,” ungkap Iwan. ***