ITB 100 Tahun, Kumpulkan Dana Lestari Rp 1 Triliun

Share

DIDIKPOS.COM – Institut Teknologi Bandung (ITB) genap berusia 100 tahun pada Jumat (3/7/2020). Dalam rangka peringatan satu abad kampus yang berlokasi di Jln. Tamansari Bandung itu, Majelis Wali Amanat (MWA) ITB mencanangkan program Satu Abad Satu Triliun untuk Dana Lestari ITB.

Dalam periode Januari 2020 hingga Maret 2020, telah terhimpun dana dari alumni sebesar Rp. 9,51 miliar dari 59 donatur.

Dalam rilis yang diterima didikpos.com disebutkan, dana lestari merupakan sumbangan dana dari masyarakat, termasuk alumni, yang dimanfaatkan untuk pengembangan ITB.

“Contohnya, untuk membantu kegiatan tri darma perguruan tinggi ITB. Dana lestari juga sudah digunakan untuk membantu mitigasi virus corona (Covid-19) di ITB,” sebut rilis itu, Kamis (3/7/2020).

Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah, mengatakan, rangking ITB secara global mampu meningkat signifikan. Saat ini, ITB menduduki rangking 313 pada level internasional. Rangking tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu, namun peningkatannya belum signifikan.

“ITB akan berupaya menjadi perguruan tinggi yang lebih baik dengan cara melakukan transformasi organisasi. Tantangan masa depan akan lebih berat sehingga ITB perlu membenahi internal ITB,” kata Reini.

Sekertaris Institut ITB Widjaja Martokusumo menuturkan, 100 tahun ITB merupakan momen bagi sivitas akademika ITB untuk berpikir tentang rencana kedepan agar ITB tumbuh secara berkelanjutan. ITB memiliki potensi dan tantangan tertentu.

“Kedepan perlu sinergi, kami sedang bertransformasi agar penerus kami bisa berlari,” kata Widjaja.

Diketahui, ITB berawal dari didirikannya Technische Hogeschool pada 1920. Kemudian Presiden Soekarno meresmikan nama Institut Teknologi Bandung pada 1959. ***