News  

Sepeda Motor pun Dilengkapi Mesin Pemadam Kebakaran, Begini Penampakanya

Share

DIDIKPOS.COM – Sepeda motor yang biasa dikendarai anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jatiwangi, Polres Majalengka, Bripka Rino Roen Antoni Tampubolon ini selalu membawa mesin pemadam kebakaran.

Secara otomatis, kendaraan roda dua Bhabibkamtibmas punya fungsi tambahan, yakni sebagai mesin penyemprot dan penyedot air. Salah satunya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ide tersebut muncul dari Kapolsek Jatiwangi Kompol Asep S Fiqih. Kapolsek mengaku, gagasannya muncul ketika Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso hadir dalam sesi pelatihan simulasi Penanggulangan Karhutla kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka.

“Kendaraan Dinas Bhabinkamtibmas ini bisa digunakan untuk melakukan penyemprotan dan menyedot air. Sehingga, jika ada kebakaran hutan, motor ini sudah siap,” ujar Kapolsek, Kamis (9/7/2020).

Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso, mengatakan, ia telah melakukan pengecekan terhadap kendaraan Dinas Bhabinkamtibmas hasil modifikasi. Secara pribdi dan lembaga, pihaknya sangat mendukung.

“Ini merupakan sebuah kreativitas. Kendaraan ini menjadi serbaguna, bisa digunakan untuk masuk hutan dengan lebih leluasa, sambil membawa air pemadam,” ungkapnya.

ā€ˇDijelaskannya, sepeda motor itu telah dipasangi mesin penyemprotan dan sedot air. Serta dilengkapi peralatan seperti selang air dan berbagai peralatan lainnya. Hasilnya, air bisa dibawa dengan mudah dan praktis.

Ketika diperlukan untuk memadamkan lahan yang medannya cukup sulit dan tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, sepeda motor ini bisa lebih leluasa.

“Saya berencana agar semua kendaraan bhabinkamtibmas polsek dimodifikasi, khususnya bagi anggota bhabinkamtibmas yang tugasnya dekat dengan potensi karhutla,” tambah Kapolres. (rik)***