Tol Gedebage – Pangandaran Segera Dibangun, Lewati Jalur Selatan Manonjaya sampai Banjar

Share

DIDIKPOS.COM – Jalan tol Gedebage-Pangandaran sepanjang 33 kilometer bakal segera dibangun. Tol ini akan melewati jalur selatan (Manonjaya – Ciamis – Banjar), bukan lewat utara seperti informasi sebelumnya. Wilayah di Kabupaten Ciamis yang dilintasi tol meliputi 4 kecamatan, 22 desa, dan 1 kelurahan.

“Nantinya bisa ke Cilacap juga Pangandaran. Untuk pintu tol keluar (exit tol), di Ciamis bakal ada 2 exit tol. Satu di wilayah perkotaan Ciamis dan satunya lagi di wilayah Kecamatan Pamarican,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, usai kegiatan ekspos/pra persiapan rencana pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Gedebage-Pangandaran, di Aula Setda Ciamis, Kamis (23/7/2020), dikutip harapanrakyat.com.

Terkait tanah milik masyarakat yang akan dipakai untuk pembangunan jalan tol, Heridiat menyebutkan, sekitar 2.400 bidang tanah.

“Untuk pembebasan lahan pembangunan jalan tol tersebut hingga saat ini masih dalam tahapan sosialisasi. Rencananya pembebasan lahan akan dilaksanakan tahun 2022,” ujar Herdiat.

Herdiat menuturkan, untuk pembangunan jalan tol Gedebage – Pangandaran yang melewati Ciamis akan dilaksanakan pada tahap 2. Sementara untuk tahap 1 hanya sampai ke Tasikmalaya.

“Rencana pembangunan jalan tol ini sudah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Ciamis. Jalur lingkar selatan Ciamis peruntukannya untuk kawasan industri,” pungkas Herdiat.

Ekspos pra persiapan rencana pengadaan tanah untuk tol Gedebage-Pangandaran tersebut dilakukan oleh Pemrov Jabar, diikuti para Camat dan Kepala desa se Kabupaten Ciamis. (gib)***