Gonjang-ganjing Berakhir, Shin Tae-yong Tetap Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, dipastikan tetap menjadi pelatih timnas Indonesia di semua level umur, (Foto: Liputan6.com).

Share

DIDIKPOS.COM – Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, dipastikan tetap menjadi pelatih timnas Indonesia di semua level umur menyusul pertemuan secara virtual dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Jumat (26/6/2020).

Kepastian itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat jumpa pers di kantor PSSI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020) malam.

Diketahui, beberapa hari terakhir, nama Shin Tae-yong menjadi bahan perbincangan publik karena pernyataan kontroversialnya kepada media Korea Selatan.

Ketua Satgas timnas Indonesia, Syarif Bastaman, bahkan mengancam Shin Tae-yong bisa dipecat dari jabatan pelatih timnas Indonesia jika tidak segera kembali ke Tanah Air.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong pun terlibat friksi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu dikabarkan “tersinggung” karena penunjukkan Indra Sjafri sebagai direktur teknik. Sebelumnya, Sjafri merupakan asisten pelatih timnas.

Menurut Iriawan, Shin Tae-yong tetap punya komitmen melatih timnas Indonesia.

Shin Tae-yong, lanjutnya, memang ditugaskan PSSI untuk menjadi pelatih timnas Indonesia di semua level umur.

“Pada akhir pembicaraan dengan Shin Tae-yong, beliau tetap memegang komitmen melatih timnas, baik U-19, U-23, dan senior karena awalnya kontrak beliau memang demikian,” katanya.

“Artinya beliau akan tetap melatih. Kami bicara secara kekeluargaan: ‘Kamu umur 52 tahun, saya 58 tahun, berarti kamu adik saya’,” tambah mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Metro Jaya itu.

Shin Tae-yong sendiri bersama empat staf pelatih timnas Indonesia memilih untuk meninggalkan Indonesia sejak 3 April 2020.

Keputusan Shin Tae-yong dkk memilih pulang ke Korea Selatan karena situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang terus meningkat.

Empat staf pelatih timnas Indonesia yang dimaksud adalah Kim Hae-woon, Ko Gyun-gyun, Woo Jae-kim, dan Jae-hong Lee.

Sampai sekarang Shin dan para koleganya masih berada di Korea Selatan.

Meskipun berada di Korea Selatan, Shin Tae-yong tetap memantau pemusatan latihan (TC) timnas U-19 Indonesia yang sudah berlangsung sejak 14 Mei.***

Sumber: Bolasport.com