Melody Siswi SMP Ummul Quro Cihampelas Bandung Barat, Raih Juara II Lomba Konten Kreatif Tingkat Nasional

Share

DIDIKPOS.COM – Melody, siswi SMP Ummul Quro Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), meraih Juara II Lomba Konten Kreatif Tingkat Nasional Tahun 2020. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu diikuti ribuan pelajar seantero Indonesia.

Tampilan Melody di Instagram saat yang membacakan bait demi bait puisi berjudul ‘Bangkit’ begitu menggema. Ya, dia membacakan puisi ini dengan lantang, penuh makna, serta artikulasi yang jelas diiringi irama kata yang dinamis. Tak heran jika performa Melody begitu menarik perhatian penonton.

Melody mengungkapkan, pencapaian yang ia raih dalam Lomba Konten Kreatif Tingkat Nasional berkat dukungan semua pihak.

“Alhamdulillah, semuanya atas ridlo Alloh. Aku mengucapkan terima kasih kepada orang tua, bapak dan ibu guru yang terus membimbing. Tanpa bimbingan dari beliau-beliau, aku tak akan seperti ini,” kata Melody, Rabu (6/8/2020).

Bagi Melody, menulis puisi begitu mengasyikan. Ia bisa mengungkapkan isi hati, ketika lisan tidak bisa mengatakannya.

“Aku berusaha membuat puisi dengan makna yang dapat ditangkap oleh yang membaca atau menyimaknya. Dukungan bapak dan ibu guru di sekolah sangat baik sekali. Beliau-beliau ini sangat membantu aku untuk menemukan hal baru,” ujarnya.

“Intinya aku akan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik, khususnya untuk diriku sendiri, karena tanah Allah itu luas meliputi angkasa dan rizki Allah di dunia itu juga banyak melimpah,” tambah siswa yang menyukai pelajaran bahasa Inggris, IPA, dan Matematika itu.

Kepala SMP Ummul Quro Cihampelas, Mugni Tajri, mengungkapkan, prestasi Melody menjadi kebanggaan semua pihak. Tidak hanya sekolah dan orang tua, tetapi juga KBB.

Menurutnya, pencapaian yang luar biasa ini diharapkan akan menginspirasi siswa lainnya untuk selalu berprestasi.

“Kami bangga karena memiliki siswa yang bisa bersaing di kancah kompetisi nasional. Apalagi lomba ini diadakan di saat masa darurat pandemi Corona. Pengumuman pemenang diterima sekolah tanggal 28 Juli 2020. Prestasi ini, membuat ananda Melody terpacu untuk menggali kompetensi diri, sekaligus menginspirasi adik-adik kelasnya untuk selalu semangat belajar,” ungkapnya.

Mugni menuturkan, prestasi Melody tak hanya kali ini. Selain menjadi juara di kelas dan juara umum di sekolah, saat masih duduk di kelas VII, Melody menjadi juara Olimpiade PAI tingkat Subrayon dan Juara II Tingkat KBB.

“Banyak lagi prestasi-prestasi lain yang diraih ananda Melody. Hal ini, tidak lepas dari bimbingan para guru di sekolah,” imbuhnya.

PKS Kesiswaan SMP Ummul Quro Cihampelas, Shofwan Rizki Fauzi, mengatakan, selain berprestasi di bidang akademik, Melody juga aktif di organisasi. Ia sukses sebagai Ketua OSIS.

Kata Shofwan, keuletan menjadi kunci keberhasilannya. Sehingga ia mencapai sejumlah prestasi terutama di bidang PAI dan baca puisi.

“Anak ini selalu ingin mencoba sesuatu yang baru yang dapat menambah wawasan dan keterampilannya. Dia selalu berkata, ‘Coba dan perhatikanlah, niscaya kamu bisa!’. Alhamdulillah, dimulai dari mencoba itu, dapat mengantarkannya ke lomba nasional dan menjadi juara. Kami sebagai guru, hanya bisa membimbing dan memfasilitasinya supaya terus mengembangkan kemampuan, untuk bekal masa depannya. Karena saya yakin, ananda Melody akan sukses nanti,” tuturnya. (des)***