Taman Sabilulungan, Didisain untuk Penyandang Difabel

oleh -223 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM,- Mau jalan-jalan murah di sekitar Soreang? Gratis dan hanya bayar parkir saja? Yuk bermain di Taman Sabilulungan yang letaknya persis berada di Kompleks Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.

Di taman tersebut Anda dapat berswafoto, dengan warna-warni tanaman yang tumbuh di halaman taman. Anda juga dapat duduk-duduk di kursi yang sudah disediakan dan mengajak anak-anak di permainan anak yang sudah disediakan.

Bentuk taman ini membulat. Pengunjung dapat berputar-putar di taman tersebut sesuka hati. Waktu sore biasanya taman ini ramai dikunjungi oleh warga. Selain itu, taman ini merupakan taman satu-satunya yang didisain bagi penyandang difabel.

Setiap hari pasti penuh, karena di taman tersebut juga banyak yang menjual berbagai kuliner. Tapi, ada pemandangan lain jika Anda datang ke taman ini setiap Jumat.

Di tengah rimbunan pepohonan di taman tersebut terpasang beberapa hammock atau kantong tidur gantung yang kerap digunakan tentara di dalam hutan. Tapi, jika dilihat dari dekat mereka bukanlah tentara melainkan perkumpulan warga biasa yang tergabung pada sebuah wadah komunitas yang dinamai Hahamokan.

“Setiap Jumat kami memiliki agenda rutin berkumpul di sini, ya sekedar ngopi, ngobrol, dan bersantai-santai,” ujar Ketua Hahamokan, Ekky Krismawan, baru-baru ini.

Taman Sabilulungan dia pilih karena di taman tersebut setiap sore banyak dikunjungi oleh warga Kabupaten Bandung.

“Setiap hari di sini selalu ramai, tempat ini kami pilih karena memiliki ruang terbuka hijau dan pohonnya dapat dipasangi hammock,” tambahnya.

Ada sekitar 30 member yang biasa menggantungkan hammock-nya di taman tersebut. Bukan hanya warga Kabupaten Bandung yang menjadi member-nya, orang di luar Kabupaten Bandung pun banyak berdatangan ke Taman Sabilulungan.

Bukan hanya Hahamokan, belasan bahkan puluhan komunitas yang tergabung dalam Forum Komunitas Kabupaten Bandung (FKKB) kerap nongkrong dan mejeng di sekitaran Gedung Budaya Sabilulungan.

Mulai komunitas hobi olahraga, otomotif, penyayang hewan, hingga pecinta alam dan lingkungan semua berkumpul di sini.

Salah satu anggota FKKB, Ghina Nurul, mengatakan, ia dan komunitasnya memang kerap berkumpul di sekitar Gedung Budaya Sabilulungan.

“Ya di sini titik kumpul kami, di Taman Sabilulungan yang banyak menarik perhatian publik,” katanya.

Sebagai penggiat komunitas di Kabupaten Bandung Ghina mengajak kepada warga Kabupaten Bandung datang ke Taman Sabilulungan.

“Mari ke Soreang, taman ini milik warga Kabupaten Bandung yang tidak kalah dengan daerah lainnya,” pungkasnya. (wisma/des)***

Sumber: Majalah Kertaraharja

No More Posts Available.

No more pages to load.