Tunggu Tanggal Mainnya: Sistem Pengiriman Pesan di Facebook, WhatsApp, dan Instagram Akan Terintegrasi

Share

DIDIKPOS.COM – Awal tahun lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana integrasi sistem pengiriman pesan di tiga layanan populer besutannya, yakni Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Integrasi antara Facebook dan Instagram semakin mendekati kenyataan lewat sebuah update terbaru yang disalurkan ke aplikasi Instagram di Android dan iOS.

Usai update, sebagian pengguna Instagram mendapati pesan berbunyi “There’s a New Way to Message on Instagram” berikut dengan logo layanan chatting Facebook Messenger di dalam aplikasi media sosial tersebut.

Dalam notifikasi juga disebutkan adanya empat fitur pendukung seperti tampilan warna baru pada kolom chat, kumpulan emoji baru, fitur swipe untuk membalas pesan, dan berkomunikasi dengan teman Facebook.

Dikutip dari The Verge, Minggu (16/8/2020), setelah meng-klik “Update”, nantinya tampilan ikon Direct Message (DM) di sisi kanan atas aplikasi Instagram akan diganti dengan logo Facebook Messenger.

Apabila penggabungan infrastruktur ini sudah dirilis, maka pengguna Instagram bisa mengirim pesan ke pengguna Facebook Messenger tanpa harus berpindah aplikasi, begitu juga sebaliknya.

“Kami ingin membangun pengalaman terbaik untuk memungkinkan pengguna dapat berkirim pesan dengan kerabat mereka secara cepat, sederhana, bisa diandalkan, dan privat,” kata juru bicara Facebook ketika mengumumkan rencana integrasi ini awal tahun lalu.

Sebelumnya pada Juni lalu, seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi juga sempat membagikan rumor bahwa percakapan yang terjadi di aplikasi Messenger akan dapat diakses lewat aplikasi Instagram.

Lewat unggahannya, ia mengungkap ada menu “Get Messenger in Instagram” di halaman pengaturan Instagram.

Selain integrasi layanan, CEO Facebook, Mark Zuckerberg juga mengatakan, pesan yang dikirim melalui tiga layanan itu juga bakal mendukung sistem keamanan end-to-end (E2E) encryption.

Facebook pun berharap layanan percakapan ini nantinya bisa mempermudah pengguna mengirim pesan antar teman dan keluarga di satu ekosistem Facebok dengan efisien dan aman. (gib)***

Sumber: Kompas.com