Wabup Ciamis Kunjungi Kedai Kopi Ki Oyo, Apresiasi Kreasi Warga yang Kembangkan Potensi Lokal

oleh -116 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Pada awal Agustus ini, Kedai Kopi Ki Oyo yang berlokasi di Dusun/Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mendapat kunjungan dari Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, Yana D. Putra. Kedatangan Wabup disertai 50 pejabat di lingkungan Pemkab Ciamis.

Kedatangan Wabup di Kedai Kopi Ki Oyo kali ini, setelah sebelumnya menghadiri Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Pasar Rancah dan Pasar Rajadesa.

Selain disambut owner Kedai Kopi Ki Oyo, Yudi Rosdiana, kedatangan Wabup dan jajaran pejabat Pemkab Ciamis, juga disambut Camat Rancah, Heri Rianto; Plt. Kepala Desa (Kades) Cileungsir, Lily Ganawi; dan beberapa kades di wilayah Kecamatan Rancah serta Kecamatan Rajadesa.

Wabup merespon positif kehadiran Kedai Kopi Ki Oyo di tengah pengembangan usaha, kecil, mikro, dan menengah (UMKM) yang kini gencar dicanangkan Pemkab Ciamis.

“Saya mengapresiasi keberadaan Kedai Kopi Ki Oyo. Ini menjadi kiprah nyata dalam pengembangan UMKM. Pemkab Ciamis mendukung langkah warga Tatar Galuh yang kreatif dalam mengembangkan potensi daerah. Itu menjadi catatan positif bagi perkembangan usaha yang kini tengah digenjot oleh Pemkab,” kata Yana.

Menurut Yana, ciri khas Kedai Kopi Ki Oyo yang menyajikan kopi khas Rancah Ciamis, menjadi daya tarik tersendiri. Komoditas lokal yang menjadi trademark ini, selain mengharumkan nama Ciamis juga menjadi pemicu dalam mengembangkan geliat ekonomi di tengah masyarakat.

Owner Kedai Kopi Ki Oyo, Yudi Rosdiana, menuturkan, dia sangat menghargai kedatangan Wabup ke kedai kopi yang dikelolanya.

Menurut Yudi, menjelang 3 tahun beroperasi, Kedai Kopi Ki Oyo mengalami perkembangan yang signifikan.

“Kedatangan Pak Wabup menjadi suprise bagi kami. Semoga kedatangan Pa Wabub makin memotivasi agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan Kedai Kopi Ki Oyo,” ujarnya

Diketahui, sebelumnya, saat membuka stand dalam momen peluncuran program Informasi Pelayanan Keuangan Daerah (IPKD) dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online, di Lapang Desa Rancah, Kabupaten Ciamis, pada awal Maret lalu, stand Kedai Kopi Ki Oyo juga dikunjungi Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya; Wabup, Yana D Putra; dan Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana.

Kopi yang diracik di Kedai Kopi Ki Oyo sendiri merupakan kopi asli khas Rancah.

Kopi Ki Oyo dihasilkan dari kebun seluas 3 hektare milik owner Kopi Ki Oyo, H. Heri Sunarya di Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah.

Jenis kopi yang dibudidayakan di kebun kopi milik Heri Sunarya adalah jenis kopi robusta. Penanamannya dengan sistem sambung yang berasal dari pohon induk kopi pilihan. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.