10.000 Penderes Kelapa dan Aren di Pangandaran Jadi Peserta Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

oleh -93 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, me-launching Asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi petani penderes kelapa dan aren di Kabupaten Pangandaran, di Lapang Desa Sindangsari, Kecamatan Cimerak, Senin (21/9/2020).

Selain Satpol PP, aparat desa, kini sebanyak 10.000 penderes kelapa dari 10 kecamatan yang ada Kabupaten Pangandaran menjadi peserta Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran.

Hadir pada kesempatan ini Asisten Deputi Bidang Kepesertaan Kanwil Jawa Barat Suheryanto, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya dan Cabang Banjar, Kadis Pertanian Kabupaten Pangandaran, Kepala OPD lainnya, serta Camat dan Kepala Desa.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pemberian jaminan asuransi kepada penderes, karena penderes merupakan salah satu profesi yang rawan kecelakaan.

“Kita memberikan asuransi jiwa, apabila ada force majure kecelakaan bagi mereka. Karena emang penderes salah satu profesi yang rawan kecelakaan. Karena dia naik kelapanya tinggi-tinggi, satu pohon bisa mencapai sekitar 20 meter. Mereka bisa naik 60 pohon kelapa,” ujarnya.

Kata Bupati, selain menjadi pekerjaan utama bagi masyarakat, ternyata dari kegiatan ini bergulir ekonomi yang lumayan besar.

“Satu sisi mereka memberikan kontribusi kegiatan ekonomi yang luar biasa, mungkin di atas 700 miliar rupiah atau 600 miliar rupiah arus modal yang masuk di sini. Saya kira, ya tentu pemerintah wajib memberikan perlindungan Asuransi Jiwa,” ujarnya.

Untuk premi sendiri, lanjut Bupati, masih ditanggung Pemkab Pangandaran. Setahun kurang lebih Rp 2 miliar.

“Mudah mudahan ini memberikan satu kegairahan, ketenangan bagi mereka sebagai penderes,” pungkasnya.

Sementara Asisten Deputi Bidang Kepesertaan Kanwil Jawa Barat, Suheryanto, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pangandaran yang telah mendukung pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Kami BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang telah mendukung, baik melalui regulasi, kebijakan, dan berbagai inisiasif dalam pelaksanaan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat Pangandaran,” ujarnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.