Belajar Daring, Susah Akses Internet Sulitkan Sekolah Gelar PTS

oleh -637 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Mewabahnya Covid-19 saat ini berimbas pada persiapan sekolah dalam menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) yang digelar pada September ini. Metoda PTS kali ini dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan). Saat mengerjakan soal pun siswa diarahkan mengerjakannya secara daring.

Didi Kardiman, salah satu guru di SMPN 2 Ciamis, mengatakan, dalam menyelenggarakan PTS metoda daring ini, ada beberapa kendala yang harus dihadapi sekolah.

Diungkapkannya, jeleknya koneksi jaringan internet dihadapi siswa yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet. Apalagi siswa tersebut tempat tinggalnya di daerah pedesaan, terpencil, dan tertinggal.

“Kalaupun ada yang menggunakan jaringan seluler, terkadang jaringan yang tidak stabil, karena letak geografis yang jauh dari jangkauan sinyal seluler,” katanya, Jumat (18/9/2020).

Dedi menuturkan, permasalahan yang terjadi bukan hanya pada sistem medianya saja, juga ketersediaan kuota yang membutuhkan biaya cukup tinggi.

Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet, lanjutnya, menjadi melonjak. Banyak di antara orang tua siswa yang tidak siap untuk menambah anggaran dalam menyediakan jaringan internet.

“Alhamdulillah untuk mengatasi masalah kuota ada bantuan dari pemerintah berupa kuota belajar bagi siswa dan guru,” imbuhnya. (dac)***

No More Posts Available.

No more pages to load.