Ingin Sukses UTBK dan SBMPTN 2021? Ini Tips untuk Siswa Kelas XII

Share

DIDIKPOS.COM – Pada September ini mahasiswa baru angkatan 2020 mulai memasuki perkuliahan tahun akademik 2020/2021.

Lalu, untuk siswa yang kini duduk di kelas XII yang hendak melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), bersiap-siaplah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Apa saja yang harus dipersiapkan? Melansir laman Rencanamu.id, Sabtu (26/9/2020), berikut persiapan yang harus dilakukan sejak September 2020 hingga Juli 2021:

September

Cobalah eksplorasi prodi dan karier untuk menetapkan pilihan prodinya. Cari info pilihan PTN dan tentukan 2 pilihan untuk SBMPTN. Bisa PTN sama atau beda, prodi beda atau bisa sama. Misalnya Teknik Industri Universitas Brawijaya dan Teknik Industri Universitas Sriwijaya. Atau Ilmu Komunikasi dan Manajemen Unpad.

Mantapkan pilihan prodi rumpun Saintek atau Soshum, jadi Anda bisa fokus belajar materi IPA atau IPS. Jika masih bingung, maka Anda bisa tahu dulu minat dan bakatmu dengan mengeksplorasi dalam diri.

Oktober

Buat jadwal belajar rutin. Fokus materi UTBK, Tes Potensi Skolastik maupun Tes Kompetensi Akademik. Coba kerjakan berbagai contoh soal. Diskusikan dengan orang tua untuk pilihan prodinya. Coba cari tempat kursus atau les yang online.

November

Terus update informasi mengenai UTBK dan SBMPTN 2021. Meski Anda merasa jenuh, tapi jangan berhenti mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

Desember

Coba beri waktu sejenak sebelum libur akhir tahun untuk persiapan UTBK. Setelah itu Anda manfaatkan untuk liburan, relaksasi, dan beristirahat.

Januari

Biasanya akan ada pemberitahuan mengenai pelaksanaan SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Ada info mengenai keketatan persaingan, skor diterima (2020) dan dimulai dengan keketatan SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN biasanya dimulai. Tingkatkan belajar untuk persiapan UTBK, lebih fokus dan tetap jaga kesehatan.

Februari

Persiapan ujian sekolah. Latihan soal UTBK tetap berjalan.

Maret

Diperkirakan pendaftaran UTBK sudah dimulai. Cek lagi syarat prodi yang ingin Anda pilih. Apakah ada ketentuan latar belakang jurusan di SMA/SMK. Jangan sampai kamu ikut UTBK lintas jurusan. Fokus pada UTBK.

April

Masih fokus pada kesehatan fisik dan mental. Diperkirakan UTBK diadakan April.

Mei

Sebagian jadwal UTBK diperkirakan masih berlangsung hingga Mei. Coba pilih jadwal yang pas buat Anda.

Juni

Perhatikan hasil UTBK untuk memantapkan prodi yang dipilih. Pastikan lagi ketentuan prodi yang dipilih. Daftar SBMPTN jangan ditunda. Jangan lupa untuk mendaftar jalur seleksi mandiri PTN.

Juli

Kemungkinan untuk pengumuman SBMPTN 2021 pada bulan ini. Anda harus tetap berdoa apapun hasilnya nanti. Untuk jadwal di atas ialah masih diperkirakan, karena masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah dalam hal pelaksanaan SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri 2021.

Jadi, bagi siswa kelas 12 yang ingin kuliah di PTN agar tetap semangat dalam belajar, walaupun di kondisi pandemi Covid-19. (haf)***

Sumber: Kompas.com