Sensus BPS: Tunawisma pun Didata, dan Hasilnya …

oleh -257 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Majalengka saat ini tengah melakukan sensus data penduduk. Semua warga yang ada didata oleh petugas, termasuk tunawisma yang tak punya tempat tinggal atau rumah.
Sensus untuk tunawisma ini dilakukan secara serentak pada Selasa (15/9/2020) malam. Secara keseluruhan sensus harus berakhir pada 30 September 2020.

Kepala BPS Majalengka, Jerison ‎Sumual, mengatakan sensus penduduk ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Termasuk pendataan tentang tunawisma‎.

“Malam ini kami menyisir sejumlah titik di pasar-pasar atau kerumunan yang biasanya menjadi tempat berkumpul,” ujarnya, Selasa (15/9/2020) malam.

Jerison menambahkan, untuk pendataan tunawisma tersebut, pihaknya membagi empat tim yang masing-masing melibatkan Dinas Sosial dan Satpol PP.

“Kami dibagi menjadi empat tim. Ada yang ke wilayah Cikijing, Talaga, Maja, Cigasong. Juga ada yang di wilayah Munjul, Kadipaten, Jatiwangi, Sumberjaya, Rajagaluh. Semuanya kami sasar,” ungkapnya.

Jerison menjelaskan, dalam pelaksanaannya, ada beberapa warga yang ditemui di sejumlah pasar, namun pihaknya ‎memastikan hanya sebatas pendataan.

“Hanya sebatas pendataan. Kami bertanya tentang identitasnya dan tempat tinggalnya. Hal tersebut sebagai upaya agar sensus data menghasilkan data yang selengkap-lengkapnya,” imbuhnnya.

Sementara itu, dua pemilik warung di pasar Cigasong‎, mengaku sudah dilakukan sensus baru-baru ini oleh petugas yang bertugas di desanya. Sehingga, ketika ditanya sejumlah petugas sensus, mereka berdua menjawab kompak.

“Kami telah terdata Pak, kami memang tidur di warung ini. Tapi sudah terdata,” ungkap dua ibu pemilik warung kopi di dekat Pasar Cigasong. (rik)***

No More Posts Available.

No more pages to load.