Dua Mahasiswa IPB Juara Pertama Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Kemendikbud

oleh -246 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan dua mahasiswa IPB University sebagai juara pertama “Kompetisi Karya Tulis Ilmiah tentang Manajemen dan Kewirausahaan KBMK Tahun 2020”.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Sri Rahayu Ningsih dan Depita Pratiwi Maharani. Keduanya dibimbing Dosen IPB University, Ranti Wiliasih.

Karya tulis ilmiah yang mereka buat yaitu tentang Training to Global Halal Industry (TGHI) yang merupakan wacana pembinaan menuju industri halal global melalui sarana laman internet. Inovasi TGHI didorong permasalahan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus menurun akibat pandemi COVID-19.

Peraih penghargaan dari Kemendikbud, Sri Rahayu Ningsih, mengatakan, salah satu potensi yang dimiliki Indonesia adalah industri halal. Namun, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam negeri masih sedikit literasi mengenai produk halal dan belum memiliki sistem akuntansi yang baik.

“Oleh karena itu, TGHI membuat tghi.com. Laman ini hadir sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan industri halal di Indonesia khususnya bagi UMKM. Telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat halal dunia yang sejalan dengan misi meningkatkan ekonomi syariah di Indonesia,” katanya.

Adapun laman tghi.com memiliki tiga tahapan pembinaan yakni edukasi halal industri, tata kelola keuangan (TKU), dan pendampingan pembiayaan sertifikasi halal. Semua pembinaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia UMKM dalam memasuki pasar halal global.

Ia mengatakan tghi.com merupakan prototipe. Perlu pengembangan agar dapat bermitra dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mewujudkan tghi.com sehingga bermanfaat untuk membina UMKM menuju pasar halal global di era normal baru.

Sumber: Antara

No More Posts Available.

No more pages to load.