Dalam Satu Bulan, Mahasiswa UIN Bandung Raih 9 Prestasi Regional hingga Internasional

oleh -781 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Dalam satu bulan ini mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung meraih sembilan prestasi mulai tingkat regional, nasional, sampai internasional.

Kesembilan prestasi yang diraih mahasiswa UIN Bandung itu yakni:

– Abdullah Alwi, jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) semester V berhasil mendapatkan rekognisi global kategori best Verbal Commendation Asia Youth International Mun Virtual Conference.

– Siti Saadah, Rina Nurlaelasari, dan Widia Sari, jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) angkatan 2018 meraih juara kedua LKTIN pada ajang Chemistry Creative Contest (C3) Nasional Kimia Expo UPI 2020.

– Mohammad Ilham, jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) angkatan 17 meraih Medali Perak (juara 2) Mathematics Chalenge 2020 di Universitas Negeri Padang;

– Surya Adam Hasibuan dan Laelatul Dwina Apriani, jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) semester 3 meraih Juara 1 Podcast Islami tingkat Provinsi Jawa Barat dan meraih Juara 2 lomba Cipta Cerpen Inspiratif tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh HIMAPIS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon;

– Surya Adam Hasibuan juga menorehkan prestasi Juara 2 Podcast tingkat Nasional yang digelar oleh Assalam POLBAN DKM Lukmanul Hakim;

– Yonan, jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) meraih Juara 2 Lomba Esai Bahasa Arab (Insya Aroby) dalam acara Sunan Kalijaga Arabic Festival (Sukarabic Fest) ke-3 tahun 2020 yang diselenggarakan secara online oleh Himpunna Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta;

– Muhammad Irfan Fauzi, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) angkatan 2017 meraih Juara 1 Lomba Membaca Puisi Tingkat Mahasiswa se-Nusantara dalam rangka Pekan Budaya FAH 2020 yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wakil Rektor III UIN Bandung, Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag menyampaikan penghargaan untuk mahasiswa UIN Bandung yang telah menorehkan prestasi membanggakan di tengah pandemi Covid-19.

“Tentunya ini mengharumkan nama UIN Bandung di kancah nasional, internasional. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi dan inspirasi mahasiswa lain untuk meraih prestasi di event-event lain. Bidang kemahasiswaan sedang merancang agar mahasiswa yang menorehkan prestasi di luar kampus untuk diberikan reward,” katanya, Kamis (19/11/2020).

Apresiasi

Dekan FAH, Dr. H. Setia Gumilar, S.Ag.,M.Si, menuturkan, pihaknya bersyukur atas prestasi Abdullah Alwi, mahasiswa semester V jurusan BSA UIN Bandung yang berhasil mendapatkan rekognisi global kategori best Verbal Commendation Asia Youth International Mun Virtual Conference.

“Kategori yang diperebutkan oleh 1000 mahasiswa dari 50 negara tersebut yaitu, pertama, Best delegate; kedua, Honorable mention; ketiga, Most outstanding delegate; keempat, Verbal Commendation; dan kelima Best position paper. Alhamdulillah perjuangan Alwi sukses menyabet gelar no empat (Verbal Commendation) pada kegiatan itu,” tuturnya.

“Saya merasa bangga dan selamat atas diraihnya predikat tersebut. Mudah-mudahan jadi motivasi bagi mahasiswa UIN lainnya dan bagi pihak fakultas untuk senantiasa memberikan hal yang terbaik bagi kemajuan lembaga ini,” tambahnya.

Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si, berharap prestasi 3 mahasiswa Jurusan Kimia FST (dengan pembimbing Vina Amalia) yang berhasil meraih juara kedua LKTIN pada ajang Chemistry Creative Contest (C3) Nasional Kimia Expo UPI 2020 menjadi motivasi bagi mahasiswa lain, untuk terus berkarya.

“Kehadiran pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk meraih prestasi,” tandasnya.

Sementara Dekan FU, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., mengucapkan selamat kepada Surya Adam Hasibuan dan Laelatul Dwina Apriani, Juara I Podcast Islami tingkat Provinsi Jawa Barat dan Juara II Cerpen diselenggarakan oleh HIMAPIS FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Ini merupakan prestasi gemilang sehingga menambah kebanggaan untuk kampus. Tentu anugerah ini menjadi teladan bagi yang lain. Raihlah berbagai penghargaan melalui kesungguhan. Terus berinovasi melalui proses kreatif untuk sukses dan berhasil,” paparnya.

Dekan FTK, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed. memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian berpretasi ini.

“Atas dasar rasa bangga yang luar biasa dari pimpinan Fakultas mengucapkan selamat dan sukses dengan harapan untuk terus mengikuti lomba-lomba di ajang kompetisi baik nasional maupun internasional dapat terus meningkatkan prestasinya,” terangnya.

Adapun Dekan FDK, menuturkan, prestasi yang diraih Irfan Fauzi, yang meraih Juara 1 Lomba Membaca Puisi Tingkat Mahasiswa se-Nusantara adalah buah dari kerja keras dan ketekunannya untuk on going proces dalam berkarya.

“Spirit karya dan iklim juara yang diatmosfirkan di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam juga ikut memantik seluruh mahasiswanya, termasuk Irfan untuk terus berprestasi,” tuturnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.