Launching Kampung KB Wisata Desa Kertayasa, Pertama di Pangandaran

oleh -52 Dilihat
Share


DIDIKPOS.COM – Launching Kampung KB Wisata dan Rebranding Program Bangga Kencana, berlangsung di Dusun Karangpaci, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Launching ini dihadiri Pjs. Bupati Pangandaran Dr. H. Dani Ramdan, M.T.; Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, Kusmana; Kepala Dinas yang membidangi KB di Kabupaten/Kota se-provinsi Jabar; Camat Cijulang; dan Kepala Desa Kertayasa.

Kampung KB Wisata Makaya Dusun Karangpaci, Desa Kertayasa menjadi Kampung KB Wisata pertama di Kabupaten Pangandaran dan ke-empat di provinsi Jabar.

Desa Kertayasa memiliki potensi wisata yang indah seperti Green Canyon dan tempat wisata alam Palatar yang kaya akan budaya.

“Ini luar biasa sebuah inovasi dan juga strategi. Saya senang Dinas yang menangani KB kabupaten/kota memberikan contoh, melakukan kampanye bersama- sama. Di samping itu ada peresmian kampung KB wisata Makaya. Jadi mengkombinasikan antara penyelenggaran KB dengan penyelenggaran wisata. Ini menambah khasanah wisata Kabupaten Pangandaran yang memang menata diri sebagai daerah wisata,” ujar Pjs. Bupati Pangandaran, Dani Ramdan, saat launching, Senin (16/11/2020).

Ia mengungkapkan, untuk menjadi kelas dunia harus ada keunikan. Kalau pantai dan gunung di manapun ada. Namun, kegiatan masyarakat dalam rangka pengembangan KB melalui budaya menjadi daya tarik tersendiri.

“Tadi saja musiknya tradisional. Itu menjadi contoh pengembangan budaya dan akan terus ditingkatkan. Selain itu kita akan dorong desa-desa yang lain mengembangkan desa sesuai kekhasan desanya masing-masing,” katanya.

Sementara Kepala BKKBN Jabar, Kusmana, mengatakan, potensi Kampung KB Makaya sangat luar biasa.

“Ini adalah masa depan wisata khususnya di Jawa Barat. Di Jawa Barat ini banyak potensi pariwisata seperti ini. Tetapi seperti yang dijelaskan oleh Pak Pjs. Bupati, kita masih mengolah dan mengolah. Dan ini dicoba dengan ikhtiar digabung disenergikan dengan Kampung Keluarga berkualitas. Potensinya akan kita coba kembangkan bersama-sama melalui program yang namanya kampung KB Wisata,” katanya

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pula penandatanganan Kampung KB Makaya menjadi Kampung KB Wisata. Pada kesempatan sama diselenggarakan pawai Keliling 21 Mopen Mupen Racing Road Show Ayo Cegah Stunting yang mengkampanyekan perubahan prilaku terutama 3 M (memakai mMasker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak). (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.