Rekrutmen CPNS 2021/PPPK Pemkab Bandung Barat, Alokasikan 290 Formasi Guru

Share

DIDIKPOS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat mengusulkan sebanyak 605 formasi pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kepada pemerintah pusat.

Formasi tersebut mayoritas dialokasikan untuk tenaga kesehatan, teknis, dan pendidikan.

Rinciannya, usulan CPNS tenaga kesehatan 55 orang dan tenaga teknis 159 orang. Adapun untuk PPPK, Pemkab mengusulkan 290 formasi guru dan 101 tenaga kesehatan.

“Kita telah mengajukan formasi CPNS dan P3K melalui e-formasi,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Asep Ilyas, Jumat (20/11/2020).

“Dari umlah yang diajukan sebanyak 605 formasi ini, 36,4 persen sebagai PNS dan 64,6 persen diperuntukkan bagi PPPK. Rekrutmen didominasi bagi tenaga guru sebanyak 390 orang karena tahun 2021 kuota CPNS bagi guru tidak ada,” ucapnya.

Diketahui, untuk rekrutmen CPNS tahun ini, satu formasi CPNS pada Dinas Lingkungan Hidup Bandung Barat (bidang Pengelola Analis Dampak Lingkungan) tidak terisi.

Asep menjelaskan, posisi tersebut seharusnya diisi oleh dua orang, namun hanya terisi satu lantaran tidak ada peserta CPNS.

“Formasi tidak terisi karena pada Seleksi Kompetensi Bidang dari dua kuota yang tersedia hanya terisi satu,” paparnya.

Ia menambahkan, sebelumnya ada 37 formasi CPNS tahun 2020 di Kabupaten Bandung Barat yang kosong. Namun, sampai saat ini 36 formasi sudah terisi oleh pusat.

“Dari 318 formasi yang tidak terisi itu hanya satu formasi yang tidak diisi,” katanya. (des)***