Amir Adam, Siswa SMP Al Ma’soem Raih Medali Olimpiade Numerasi Nasional 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Amir Adam R. Ruswandi, siswa SMP Al Ma’soem meraih meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Numerasi Nasional (ONN) tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual untuk semua sekolah dari semua jenjang pendidikan se-Indonesia itu berlangsung pada Sabtu (28/11/2020).

OSN 2020 diikuti 604 peserta tingkat SMP/MTs se-Indonesia. Panitia ONN di tingkat nasional menyediakan 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu untuk setiap jenjang pendidikan mulai SD, SMP, hingga SMA sederajat.

Kepala SMP Al Ma’soem, H. Udin Nashruddin, mengatakan, Amir merupakan salah satu siswa berprestasi dan sering mewakili sekolah untuk mengikuti lomba, baik yang diselenggarakan oleh Kemendikbud maupun lembaga lain. Di antaranya adalah Kompetisi Siswa Nasional (KSN).

“Amir juga beberapa kali meraih prestasi Kriteria Akhlak di SMP Al Ma’soem. Amir pada bulan lalu berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) 2020 bidang Bahasa Inggris,” kata Udin, baru-baru ini.

Diketahui, dirilis website posieducation.com, ONN Tahun 2020 adalah sebuah even kompetisi yang diselenggarakan oleh Foton Institute dengan tujuan untuk memfasilitasi siswa/i untuk berprestasi.

Even ini juga menjadi sarana evaluasi kemampuan siswa untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetensi secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten. Dengan begitu, siswa memiliki kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari–hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu.

“Kompetisi ini pun dibuat untuk mendorong siswa tetap berupaya melakukan usaha pendidikan di tengah pandemi Covid-19,” sebutnya. (des)***