Pemkab Pangandaran Rancang Subsidi Biaya Kuliah, Besarannya hingga 70 Persen

oleh -327 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, tengah merancang program subsidi biaya kuliah bagi anak Pangandaran yang baru lulus SMA/sederajat. Pemkab Pangandaran hendak memberikan subsidi biaya kuliah sebesar 70 persen bagi anak Pangandaran yang melanjutkan kuliah.

Menurut Jeje, pihaknya telah memproyeksikan anggaran sekitar Rp. 30 miliar sampai Rp. 40 miliar untuk membiayai program subsidi uang kuliah tersebut.

“Tahun 2022 mulai realisasikan, karena tahun 2021 kita akan melakukan kajian dulu, termasuk menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi untuk membuka kampus di Pangandaran,” kata Jeje, saat menghadiri ‘Wisuda STITNU Al-Farabi’, di Pangandaran, Rabu (16/12/2020).

“Kalau mau meningkatkan kualitas SDM, ya pemerintah harus mau berkorban menggelontorkan anggaran yang tak sedikit. Kualitas SDM itu sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah daerah,” sambung Jeje.

Ia menyebutkan, Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi di Kabupaten Pangandaran berada di angka 8 persen dan tergolong rendah.

Artinya dari 100 lulusan SMA hanya 8 orang yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kenyataan ini menjadi masalah yang harus dipecahkan.

“Kita harus mempermudah agar anak-anak Pangandaran bisa mengakses pendidikan tinggi dan murah,” kata Jeje. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.