UTBK SBMPTN 2021, Kembali Pakai Skema Tes TPS dan TPA

oleh -972 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, akan memakai dua skema tes, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

“Materi tes pada UTBK SBMPTN 2020 memang hanya satu yakni TPS. Hal ini dilakukan karena ada penyebaran virus Corona yang sangat mengkhawatirkan. Namun, pada UTBK SBMPTN 2021 materi yang diteskan itu baik TPS dan TKA. Dan sekali lagi kita melaksanakan UTBK 2021 masih dengan protokol kesehatan,” kata Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi P. Widyobroto, pada sosialisasi daring SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021 yang disiarkan di Youtube LTMPT Official, Sabtu (12/12/2020).

Budi menjelaskan, TPS adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal khususnya pendidikan tinggi. TPS akan menguji kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sedangkan TKA adalah tes yang mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran di sekolah. Penekanan tes adalah pada high order thinking skilss (HOTS).

Kelompok ujian UTBK 2021 akan terbagi tiga. Yakni kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), dengan materi ujian TPS dan TKA saintek (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi).

Sedangkan kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) materi yang diujikah yaiut TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi).
Terakhir kelompok ujian campuran Saintek dan Soshum dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

“Untuk tahun ini untuk kelompok ujian Soshum tidak ada lagi tes Matematika IPS,” terangnya. (gib)***

No More Posts Available.

No more pages to load.