Pemkab Pangandaran Gelar Pelatihan bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, saat menghadiri Pelatihan bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi, di RM Pringsewu Pangandaran, Sabtu (3/4/2021), (Foto: Humas Pemkab Pangandaran).

Share

DIDIKPOS.COM – Penyerapan tenaga kerja asal Pangandaran terus diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan.

Pelatihan ini diharapkan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkompeten.

Seperti kali ini, Pemkab Pangandaran mengadakan Pelatihan bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi, yang dibuka oleh Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, di RM Pringsewu Pangandaran, Sabtu (3/4/2021).

“Keinginan kita untuk mempunyai sumber daya manusia yang baik sesuai dengan kapasitas jumlahnya. Maka saya mencari cara dan mempelajari sampai lahirlah kebijakan seperti ini, ada kursus singkat,” ujar Bupati.

Bupati berharap pelatihan ini dapat membuahkan hasil yang baik sehingga banyak masyarakat Pangandaran yang masuk menjadi pegawai.

“Ini adalah ikhtiar dan upaya Pemerintah Daerah mengadakan kursus dan bimbingan pelatihan ujian CPNS. Ujungnya saya berharap CPNS ke depan minimal 90% adalah orang-orang Pangandaran,” ujarnya.

Bupati pun akan mengarahkan dan mendidik anak-anak menjadi orang yang mempunyai kemampuan. Sebab, tidak mungkin semua terserap menjadi PNS.

“Banyak cara kita dalam rangka membuka ruang bagi anak-anak milenial karena tidak mungkin semua terserap menjadi pegawai negeri. Kita akan arahkan dan kita didik menjadi orang yang mempunyai kemampuan sehingga nanti penyerapan tenaga kerja, baik yang ASN ataupun yang jaringan-jaringan formal dan informal,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana, M.M.; Plt Kadisnakertrans Kabupaten Pangandaran Rida Nirwana Kristiana; narasumber kegiatan pelatihan; serta pejabat lingkup Kabupaten Pangandaran. (des)***