Begini Cara Bima Arya Mendidik Anak

Share

Didikpos.com – Cara pola asuh atau mendidik anak yang dilakukan orangtua berbeda-beda. Sekelas Bima Arya Sugiarto selaku pejabat publik juga punya cara tersendiri. Wali Kota Bogor ini pun berbagi kisah bagaimana dirinya mendidik anaknya.

Menurut Bima Arya, menjadi orangtua itu bagian yang tersulit. Sehari-hari ayah dan ibu menghadapi banyak masalah, namun tugas utama orangtua itu sesungguhnya membesarkan anak-anak dengan penuh cinta kasih.

“Saya percaya bahwa modal utama itu sebenarnya melimpahkan anak dengan rasa sayang dan cinta. Kedua, banyak orang yang bilang yang penting quality time bukan quantity time, tapi sederhana saja bagaimana bisa berkualitas kalau kuantitasnya jarang,” katanya.

Baginya dan juga semua orangtua tidak ada yang lebih penting selain keluarga. Menurut Bima, ia akan tenang-tenang saja ketika ia di demo atau di bully lawan politik karena itu risiko jabatan.

“Tapi kalau ada sesuatu yang terjadi pada anak-anak misalnya sakit dan sedih, hati ini sebelah ada di rumah. Jadi yang paling utama cinta kita, kasih kita, waktu kita ya untuk anak-anak kita,” jelasnya.

Sebagai orangtua juga harus selalu belajar, kata dia. Belajar untuk memahami anak-anak dengan dinamikanya sekarang dan dengan segala macam keistimewaan anak-anak. Semua anak itu istimewa, tinggal orangtua menyadari keistimewaan anak atau tidak.

Memahami jalan pikir anak harus dilakukan dengan terus belajar tentang perkembangan anak dengan semua keistimewaannya. Ini jauh lebih penting daripada mendidik anak dengan versi kita.

“Apa yang terbaik untuk kita belum tentu yang terbaik untuk anak kita. Jadi apa yang terbaik untuk anak itu yang harus kita pelajari setiap waktu sampai kapan pun. Karena seringkali kita memaksakan perspektif kita, saya belajar betul tidak bisa begitu cara pandangnya,” papar Bima.

Bima Arya Sugiarto memaparkan pandangan dan pengalamannya dalam mendidik anak tersebut dalam acara Talkshow Ayah Hebat yang digelar Komunitas Peduli Anak Kebutuhan Khusus (Kompakk) di Mal Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor. Talkshow Ayah Hebat merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Anak Istimewa yang digelar sejak Jumat 11 Agustus 2023.
(Muhammad Irfan Ramadan)