Ini yang Pemkab Bogor Harapkan dari Duta Genre

Duta Genre
Peserta Grand Final Lomba Duta Genre tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2023. (Istimewa/Bogordaily.net).
Share

Didikpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menaruh perhatian serius terhadap generasi muda. Pemkab Bogor pun menaruh banyak harapan terhadap Duta Generasi Berencana (Genre) sehingga digelarnya lomba Duta Genre untuk mencari remaja-remaja terbaik.

Harapan Pemkab Bogor seperti apa terhadap para remaja Duta Genre, berikut penuturan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin dan Bunda Genre Kabupaten Bogor Halimahtusadiah Iwan dalam acara Grand Final Duta Genre Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2023 di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Sabtu 12 Agustus 2023.

Burhanudin mengungkapkan bahwa lomba Duta Genre sebagai bentuk apresiasi kepada para remaja yang cerdas, kreatif, berkarakter, dan berpengetahuan luas, khususnya terkait isu keremajaan dan pembangunan generasi muda.

“Para Duta Genre ini diharapkan dapat menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi khususnya bagi teman sebayanya agar mempunyai perencanaan kehidupan yang baik,” ujarnya. Khususnya dalam pendidikan, kesehatan, pertemanan, membentuk keluarga sejahtera, dan mampu berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Pemkab Bogor, kata Burhanudin, berharap kepada para remaja Duta Genre ini tumbuh menjadi generasi masa depan yang cerdas, berprestasi, tangguh dan berakhlakul karimah, mampu meraih cita-cita menjadi manusia yang berguna bagi agama, kedua orangtua, masyarakat, bangsa dan negara, serta mewujudkan kehidupan yang sejahtera.

Ia juga berpesan kepada pada Duta Genre untuk terus membangun semangat berprestasi, fokus dan sungguh-sungguh belajar, manfaatkan teknologi digital untuk hal-hal yang produktif, menjalin pertemanan yang baik agar bisa saling membantu dalam kebaikan dan maju bersama-sama menghadapi tantangan masa depan.

Hal senada dipaparkan Bunda Genre sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor, Halimahtusadiah Iwan. Dijelaskannya, program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, dan napza guna menjadi remaja tangguh serta dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

“Siapapun nanti yang memenangkan ajang ini, jangan hanya formalitas saja menjadi Duta Genre. Tapi harus memberikan dampak positif dan contoh yang baik untuk generasi penerus yang ada di Kabupaten Bogor,” harap Halimahtusadiah.

Halimahtusadiah menuturkan, Duta Genre adalah role model dan motivator bagi remaja, yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Di mana para remaja ini harus mempunyai rencana panjang untuk masa depannya

“Saya yakin para remaja ini akan menjadi teladan, pelopor, motivator, serta promotor yang baik bagi anak-anak maupun remaja yang lainnya. Membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang sehat, produktif dan berkualitas agar mampu meraih bonus demografi. Untuk mewujudkan proyeksi tersebut, kita siapkan generasi yang lebih baik mulai dari sekarang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, lomba Duta Genre diikuti remaja yang berdomisili di Kabupaten Bogor. Pemenang lomba ini akan mewakili Kabupaten Bogor dalam ajang lomba Duta Genre tingkat Provinsi Jawa Barat.
(Albin Pandita)