Mahasiswa STKIP Arrahmahniyah Ajarkan Ecoprint ke Siswa SD

ecoprint
Mahasiswa KKN STKIP Arramahniyah Depok melaksanakan kegiatan pembuatan ecoprint bersama siswa SDN kelas 6 MI Al Huda Bogor. (Ibnu/Bogordaily.net).
Share

Didikpos.com – Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi STKIP Arrahmahniyah Depok mengajarkan pembuatan ecoprint kepada siswa SDN kelas 6 MI Al Huda. Kegiatan dilaksanakan di MI Al Huda, Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN), Sabtu 12 Agustus 2023.

Ketua KKN, Afrizal Malna, mengatakan, ecoprint merupakan teknik mencetak pada kain dengan menggunakan bahan alami dan membuat motif dari daun.

“Tujuan kegiatan ecoprint ini mengenalkan bentuk daun, melatih motorik halus, dan melatih kefokusan anak. Sekaligus meningkatkan kreativitas anak dengan bahan yang ada di sekitar sekolah,” kata Afrizal.

Dijelaskannya, proses ecoprint dimulai dari siswa-siswi mencari daun untuk dibersihkan, setelah selesai dikeringkan untuk ditata di media kain. Kemudian ditutup menggunakan plastik untuk dipukul sampai warna dan motifnya pindah ke kain. Setelah itu, dicuci menggunakan detergen dan siapkan rendaman tawas dan tunjung putih.

Lantas, alaskan kain dengan plastik lalu letakan daun di atas kain. Setelah itu alaskan kembali dengan plastik bening. Pukul daun menggunakan palu sampai warna hijau daun menyerap di serat kain. Pastikan daun tercetak sempurna. Setelah itu rendam kembali dengan larutan air tawas. Kemudian keringkan kain tersebut dan kain siap digunakan.

Menurut Afrizal, mahasiswa mengenalkan ecoprint menunjukkan praktek pembuatan motif alami dengan dedaunan.

“Kegiatan pembuatan ecoprint menjadikan anak tahu manfaat potensi lokal berbagai daun dari tumbuhan yang ada di lingkungan untuk pewarnaan alami pada pembuatan motif melalui ecoprint,” ungkapnya.
(Ibnu Galansa)