Info, News  

ASN Kominfo Wajib BerAKHLAK

budi arie
Share

Didikpos.net – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) wajib BerAKHLAK (berorientasi kepada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif).

“Saya ingatkan kembali nilai-nilai itu menjadi panduan dalam kita berperilaku, bekerja, dan memberikan pelayanan kepada publik, berorientasi kepada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Ini yang harus bersama-sama kita maknai, tumbuhkan dan kembangkan. Jangan hanya sebagai slogan,” tandas Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dalam Seminar Tematik HUT Kominfo “Menggapai Puncak Bersama” di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin 11 September 2023.

Budi Arie menekan hal tersebut karena saat ini Kemenkominfo tengah melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur digital. Di mana, pihaknya ingin memastikan manfaat teknologi dapat digital dirasakan seluruh masyarakat secara inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Menurut Menteri Budi Arie, sebagai leading sector pembangunan infrastruktur digital dan regulator sektor telekomunikasi dan informatika, Kementerian Kominfo harus senantiasa mampu bertranformasi dan adaptasi. Dengan semangat itu, Kementerian Kominfo selama lebih dari dua dekade mampu menerapkan berbagai inovasi, capaian, hingga menjawab berbagai tantangan zaman.

Baca juga: Kominfo Tingkatkan Keterampilan Digital Anak Muda

“Setiap periode memiliki dinamika yang berbeda, yang mendorong Kementerian Kominfo terus berubah, beradaptasi, dan bertransformasi. Jadi, kata kunci kita untuk survive di massa depan adalah kemampuan kita bertransformasi dan beradaptasi,” ungkapnya.

Menkominfo menceritakan kembali kelahiran Kementerian Kominfo sebagai penyatuan tiga lembaga yaitu Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi, Lembaga Informasi Nasional, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Departemen Perhubungan. Selanjutnya, kebijakan dan regulasi yang dihasilkan dapat memberikan akses interkoneksi yang lebih luas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Peleburan ini menandai awal pengembangan sektor telekomunikasi, informatika, dan media penyiaran satu atap di Indonesia serta menyongsong era digital di masa mendatang, Bahkan pada tahun 2008, Departemen Kominfo menangani permasalahan tarif interkoneksi telepon hingga akhirnya berhasil menurunkan tarif pulsa menjadi yang termurah, setelah sebelumnya merupakan yang termahal kedua di dunia,” jelasnya.

Ke depan, Menteri Budi Arie menegaskan akan banyak tantangan dan dinamika yang dihadapi Kementerian Kominfo. Melalui Seminar Tematik “Menggapai Puncak Bersama”, Menkominfo mengajak Sivitas Kementerian Kominfo meningkatkan potensi diri dalam mencapai keberhasilan.

“Tema ini akan mengupas bagaimana dinamika bekerja dalam tim berdasarkan pengalaman narasumber-narasumber yang akan dihadirkan dalam seminar ini. Khususnya generasi muda, untuk terus bisa berkontribusi sebagai agen perubahan yang mencerminkan ASN ber-AKHLAK dan bangga melayani bangsa,” harapnya.

Seminar merupakan rangkaian Kominfo Karnaval 2023 yang dimulai pada tanggal 17 Agustus 2023 hingga Puncak Perayaan HUT ke-22 Kementerian Kominfo pada 14 September 2023. Pembicara dalam seminar antara lain, Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-23 Indra Sjafri dan Penulis sekaligus Komika dan Sutradara Raditya Dika.

Dalam seminar yang menjadi rangkaian acara Kominfo Karnaval 2023 itu hadir Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Kepala Badan Pengembangan SDM Kominfo Hary Budiarto, Staf Ahli Menteri Bidang Media Massa Widodo Muktiyo, Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya R. Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Bidang Teknologi Mochamad Hadiyana, serta Staf Khusus Menteri Kominfo Jobpie Sugiarto.
(Acep Mulyana)