News  

Elly Hidupkan Koperasi di Bogor

Share

Didikpos.com – Anggota Komisi VI DPR RI asal Kabupaten Bogor, Hj. Elly Rachmat Yasin, menggelar sosialisasi guna menghidupkan kembali koperasi di Kabupaten Bogor. Selain memberikan sosialisasi akses permodalan bagi koperasi, politisi PPP ini memberikan pemahaman tentang koperasi.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri ratusan warga Kecamatan Cijeruk dan Cigombong ini, digelar di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Sabtu 9 September 2023.

Elly Rachmat Yasin memaparkan bahwa sosialisasi mengenai koperasi ini dipandang perlu sebab pemahaman masyarakat akan koperasi semakin berkurang terlebih kalangan milenial.

“Minat masyarakat akan koperasi kurang. Padahal membentuk koperasi itu mudah, cukup Sembilan orang. Kemudian jumlah koperasi di Kabupaten Bogor juga semakin berkurang. Malah hampir menghilang. Termasuk jenis koperasinya. Saya ingin menghidupkan kembali koperasi,” paparnya.

Elly kembali mengingatkan bahwa koperasi adalah salah satu bentuk usaha yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di mana akses permodalannya sangat mudah karena tak dibebani syarat agunan serta syarat-syarat lain yang ringan.

Baca juga: Dosen SITH-ITB Masyarakatkan Agroeduwisata di Desa Pancawati

“Sumber permodalannya bisa dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan BUMN, Permodalan Nasional Madani (PNM), Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), maupun dari perbankan seperti Bank Jabar. Syarat utamanya koperasi harus berbadan hukum, harus hidup atau aktif, serta sehat secara keuangan,” jelasnya.

Ia menyayangkan akibat kekurangpahaman masyarakat akan koperasi dan sumber permodalannya, sebagian besar masyarakat saat ini banyak yang terjebak ke rentenir maupun pinjaman online (pinjol). “Dipikirnya pinjol lebih mudah tanpa agunan, hari itu juga dapat uangnya. Padahal korbannya sudah banyak,” ucapnya.

Ditandaskannya, koperasi jauh lebih baik, legal, dan aman, serta kemudahan permodalan tanpa agunan. “Hanya saja kalau koperasi kan harus menjadi anggota dulu untuk bisa meminjam. Bunganya juga sangat rendah maksimal dua persen,” kata politisi PPP ini.

Dalam sosialisasi ini, Elly beserta staf membantu mendampingi para pelaku UKM mendapatkan akses permodalan koperasi hingga mengantarnya, pengisian data, melengkapi persyaratan, sampai uangnya cair.

Sekadar informasi, selama menjadi anggota DPR RI, Hj. Elly Rachmat Yasin telah menyalurkan bantuan dari pemerintah antara lain berupa 170 bak sampah, 15 mobil ambulance, 400 sarana air bersih, peralatan UMKM, rehabilitasi pondok pesantren, serta pembangunan pasar bersih.

Dalam acara yang sama, Camat Cijeruk, Bangun Septa Siswa, berharap kegiatan yang langka ini dapat memajukan koperasi dan UKM serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang terkendala permodalan.
(Acep Mulyana)