Lewat Puisi Dua Siswa Ini Raih Prestasi di Ajang Kompetisi Internasional

oleh -495 Dilihat
Share

OSWEGO, DIDIKPOS.COM – Prestasi membanggakan diraih  pelajar Indonesia di ajang kompetisi internasional “GENIUS Olympiad” di di Oswego, Amerika Serikat, pada 17-22 juni 2019. 

GENIUS Olympiad merupakan kompetisi berbasis proyek bagi siswa jenjang SMA dan tahun ini diikuti sekitar 1.400 peserta dari 75 negara di seluruh dunia.

Ada 5 kategori dilombakan meliputi Sains, Seni, Bisnis, Menulis Kreatif, dan Robotik.

Salah satu prestasi membanggakan diraih Reyna Kamila dan Siti Halimah, siswi kelas 3 dan 2 SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, yang masing-masing meraih medali emas dalam bidang Menulis Kreatif.

Reyna meraih penghargaan lewat puisi berjudul “Reality” dan  Siti Halimah tampil dengan judul puisi “The Wildfire’s Revolt”. Keduanya mengangkat keprihatinan terhadap masalah lingkungan yang menjadi isu global.

“Puisi yang saya buat menggambarkan bumi sebagai manusia agar kita lebih bersimpati atas kondisi bumi saat ini.  Bumi  tidak seperti dulu lagi dengan segala permasalahan lingkungan di dalamnya,” ujar Reyna, dirilis kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Adapun Halimah mengangkat tema lingkungan.

 “Saya mengangkat kehancuran bumi dari sudut pandang tumbuhan atau Ibu Pertiwi,” kata Halimah.

Mereka menceritakan setiap siswa terpilih di babak final dunia diberikan kesempatan selama 5 menit untuk mempresentasikan karyanya.

“Para juri sudah ada penilaian awal berdasarkan hasil kreasi yang dikirim. Presentasi ini menjadi nilai tambah untuk menjelaskan karya atau kreasi yang diangkat,” lanjut Halimah.

 “Awalnya sempat down melihat karya dan penampilan siswa negara lain,” cerita Reyna.

Namun, lanjut Halimah,  siswa Indonesia memiliki kemampuan lain yang tidak kalah dengan siswa mancanegara.

Kata dia, umumnya siswa internasional lain masih membaca dalam mempresentasikan karya mereka. Keunggulan siswa-siswa Indonesia adalah mampu membawakan presentasi lebih baik dalam men-deliver pesandan lebih ekspresif.

“Mungkin itu salah satu faktor kami menang dan meraih emas tahun ini,” ujar Reyna.

PR Manager Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia yang juga fasilitator GENIUS Olympiade, Azka Dermawan, menuturka, pencapaian prestasi ini sekaligus menjadi bukti bahwa siswa perlu didorong untuk berprestasi dalam segala bidang.

” Jenius bukan hanya soal akademis. Kita tidak boleh hanya fokus pada prestasi sains atau akademik saja. Tiap siswa unik dan memiliki bakat dan minat masing-masing. Tugas sekolah adalah menggali potensi mereka untuk mencapai hasil atau prestasi yang optimal,” jelas Azka.

 Selain Reyna dan Halimah peraih medali emas, sekolah Kharisma Bangsa juga meraih beberapa medali dan penghargaan dalam ajang GENIUS internasional 2019.  Peraih Honorable mentions: Nurul Fathiah (Art – Poster design), Rayhan Adnan Musthafa & M Soleh Bagja (Business), Egalita Azzahra & Az Zahra Khoirurrizqa Fadiya (Business), Keylana Aretha & Hanifah Febri Annisa (Business), Casey Fadhilla Nathania & Cinta Loisa Putri Samad (Music) dan M Ilham Khalifah (Music). Peraih Bronze medals: M Azfa Ardhi & Ahmad Kemal Saladin (Business), Fika Karlin Kinanti, Michelle Zahra A.R (Business) dan Nabila Azzah Danitry (Short film).

Peraih Silver medals: Selma Najma Fiansa & Fathimah (Business), Camilla Basuki (Business), Nadissa Regina Putri (Art – Poster design) dan peraih Acceptance award: Ahmad Kemal Saladin.***

No More Posts Available.

No more pages to load.