Jokowi: Kuliah Daring akan Jadi Next Normal, Harus Punya Strategi Out of the Box

oleh -296 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, perkuliahan secara daring (dalam jaringan) telah menjadi new normal dan bahkan akan menjadi next normal.

“Kuliah daring yang selama ini sangat lamban dijalankan, sekarang sangat-sangat berkembang. Kuliah daring telah menjadi new normal bahkan menjadi next normal dan saya yakin akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif,” kata Jokowi saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia, Sabtu (4/7/2020).

Dalam siaran pers yang disampaikan Kemendikbud, pada kesempatan itu Presiden juga mendorong agar para rektor dan akademisi mengembangkan berbagai inovasi sehingga aktivitas belajar mengajar tetap berjalan. Berbagai inovasi dan strategi baru yang out of the box juga harus diciptakan sehingga dunia pendidikan tak hanya fokus pada proses administrasinya saja.

“Tidak bisa hanya dilakukan dengan rutinitas saja, tidak bisa dilakukan dengan cara biasa-biasa saja, apalagi hanya disibukkan dengan administrasi saja, tidak bisa. Kita harus berubah, kita harus mengembangkan cara-cara baru, mengembangkan strategi baru yang smart shortcut, yang out of the box,” terangnya.

Presiden berpesan agar Forum Rektor Indonesia tak hanya sekadar menjadi forum komunikasi, namun juga dapat dikembangkan menjadi forum untuk saling membantu antarperguruan tinggi. Sebab, tak sedikit perguruan tinggi yang masih belum memiliki perpustakaan yang layak dan SDM yang memadai.

“Forum saling berbagi yaitu yang mampu membantu yang tidak mampu dan yang punya membantu yang tidak punya, berbagi pengalaman secara daring, berbagi kurikulum dan silabus, berbagi koleksi perpustakaan secara daring, berbagi dosen dan perkuliahan secara daring untuk maju bersama,” kata dia.

Jokowi juga meminta perguruan tinggi lebih aktif bekerja sama dengan industri, termasuk bekerja sama dengan kawasan industri terdekat.

“Bekerja sama dengan dunia industri tak hanya akan memberikan pengalaman kerja bagi para mahasiswa. Namun, perguruan tinggi juga dapat menjalin kerja sama untuk penelitian dan pengembangan teknologi di dunia industri dan pengembangan ilmu murni,” tandasnya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.