Tim Pelajar SMP Jabar Juara Umum Olimpiade Sains Nasional 2019

oleh -997 Dilihat
Share

JAKARTA, DIDIKPOS.COM – Provinsi Jawa Barat memboyong juara umum pada Olimpiade Sains Nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (OSN SMP) 2019.

Dalam event yang digelar di DI Yogyakarta, pada 30 Juni 2019 – 6 Juli 2019, Jabar meraih 16 medali dari 90 total medali yang diperebutkan.

Jabar meraih dua medali emas, delapan perak, dan enam perunggu pada tiga bidang yang dilombakan. Ketiganya yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Matematika. 

OSN merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk membina kompetensi siswa pada jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. OSN jenjang SMP tahun 2019, diikuti sebanyak 407 siswa dari 34 provinsi, dan 68 pendamping.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Didik Suhardi, mengapresiasi prestasi yang diraih para siswa dari Jabar.

“Prestasi yang diperoleh merupakan hasil dari dedikasi, waktu, perhatian, dan semangat yang tinggi dari para siswa peserta OSN, maupun dari para guru pembina,” kata Didik, dikutip laman Kemendikbud, Minggu (7/7/2019). 

Dia berpesan agar para siswa, sekolah, dan guru dapat mempersiapkan diri untuk kemampuan sains di tingkat internasional.

“Jangan berpuas diri, Kemendikbud akan memanggil siswa berprestasi di (OSN) tingkat nasional untuk mengikuti kompetisi di tingkat internasional,” ucapnya.

Stimulus Mutu Pendidikan Sains

Direktur Pembinaan SMP pada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Poppy Dewi Puspitawati, mengatakan, OSN merupakan ajang yang dapat berdampak sistemik bagi ekosistem pendidikan di Indonesia.

OSN akan mendorong para pemangku kepentingan layanan pendidikan agar dapat memfasilitasi prestasi siswa SMP di ajang skala nasional. 

“OSN ini ajang bergengsi karena pemenangnya memiliki kebanggaan tersendiri, dapat memperoleh beasiswa ke universitas ternama di Indonesia,” ujar Poppy. 

Dia mengatakan, prestasi yang diraih pada ajang OSN menjadi stimulus bagi pemerintah daerah atau sekolah untuk mendukung kemampuan sains para siswa perwakilan wilayah masing-masing. Kegiatan OSN diharapkan menggerakkan semua komponen ekosistem pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan di bidang sains.

Untuk OSN 2019, seleksi peserta berlangsung secara berjenjang, yaitu dari tingkat kabupaten/kota pada 16 Maret 2019, lalu seleksi di tingkat provinsi pada 13 April 2019.***

No More Posts Available.

No more pages to load.