Wow, Mahasiswa Ini Tulis Skripsi Setebal 3.045 Halaman

Share

DIDIKPOS.COM – Skripsi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Muharom Gani Irwanda, lain daripada yang lain. Dia menulis skripsi berjudul “Penjadwalan Waktu Pelaksanaan dan Rencana Anggaran Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Denver Apartment, Kompleks Citraland CBD-Kota Surabaya” setebal 3.045 halaman.

Gani mengungkapkan, dia menyelesaikan skripsi super tebal itu dalam waktu 3 minggu.

“Saya mengerjakan skripsi setelah ia selesai magang dari salah satu perusahaan BUMN. Saya mengerjakannya mulai 29 Juni sampai 5 Juli tahun lalu,” kata Gani, dikutip dari laman ITS, Kamis (18/3/2021).

Rincian dari skripsi setebal 3.045 halaman itu yakni, 152 halaman bab 1-3, 2.740 halaman bab 4, dan 152 halaman untuk lampiran.

Selama proses pengerjaan, lanjut Gani, dirinya mengetik selama 15 jam dalam sehari. Tak ayal, waktu tidurnya saat ini menjadi dua jam per hari saja.

Awalnya, saat konsultasi dengan dosen pembimbingnya, Ir Sukobar M.T, Gani mengajukan bahasan dari skriksinya untuk gedung 37 lantai. Namun, dosennya berpendapat, Gani akan menemui kesulitan dalam pengerjaannya.

Akhirnya, Gani mengerjakan metode konstruksi untuk gedung 11 lantai yang masing-masing dirincikan hitungannya. Oleh karena itu, terdapat 11 perhitungan volume, kapasitas produksi dan tenaga kerja, jumlah alat, serta durasi hingga estimasi harga yang berbeda.

“Saya merasa tertantang, karena tidak bisa mengerjakan 37 lantai, saya harus bisa mengerjakan 11 lantai dengan baik. Proses penggarapan skripsi ini menggunakan software Microsoft Excel. Saya tak sadar, ternyata skripsi yang saya tulis mencapai lebih dari 3.000 halaman. Tadinya saya pikir hanya di kisaran seribu,” katanya.

“Dalam pengerjaan skripsi ini, memang tak luput dari kesulitan, seperti gedung yang saya pilih menjulang berbentuk huruf L dan ada perbedaan konstruksi,” imbuh Gani. (gib)***