Tak Memiliki Anus dan Vagina, Warga Winduraja Ciamis Ini Butuh Bantuan

oleh -122 Dilihat
Share

CIAMIS, DIDIKPOS.COM,- Ini kisah pilu Sri Nanda Rahayu. Perempuan baik asal Dusun Hayawang RT/RW 02/12, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat ini, selama 18 tahun bergelut dengan kondisi sangat parah.

Sri menderita penyakit atresiani (kelainan saat bayi dalam kandungan, dan bagian usus besar bayi belum terbentuk sempurna, sehingga jadi sempit bahkan tersumbat).

Upaya kolostomi telah dilakukan. Yaitu menyambung bagian usus ke bukaan dinding perut, agar kotoran ke luar ke kantung di luar tubuh. Maka, Sri perlu 4 pampers dan 2 kantung kolostomi per hari. Harganya Rp. 80.000 /kantung.

Perempuan yang senang membaca dan menulis ini, berencana dioperasi untuk membuat saluran kencing dan anus, di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, menggunakan fasilitas Kartu Indonesa Sehat (KIS).

Informasi keadaan parah Sri ini, diperoleh dari Kang Ibin (bapaknya), yang datang ke Gada Membaca Winduraja, Kawali bersama Camat Kawali, H. Heryana, Selasa (11/2/2020).

Agus Munawar dari Galuh Kinasih, yang membina komunitas Gada Membaca, telah berkunjung ke rumahnya pada Rabu (12/2/2020) dan membawakan sebuah buku novel.

Saat itu, Sri langsung membukanya. Ia bercerita, dia suka membaca dan menulis, sewaktu di SMP. Sayang, kaca matanya sudah tak bisa digunakan. Kemudian Agus Munawar dan Camat Kawali mendalami informasi dari keluarganya. Lalu bersepakat untuk membantunya.

Gada Membaca bukan hanya sebagai tempat membaca dan meminjam buku saja. Namun, berupaya sungguh-sungguh memfasilitasi dan membantu masyarakat, dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Termasuk dalam kesehatan.

Gada Membaca bersama Camat Kawali, berinisiatif menggalang dana untuk meringankan biaya sehari-hari. Misalnya pembelian pempers, kantung kalostomi, dan biaya transportasi dari Ciamis ke RS Hasan Sadidin Bandung.

Itu dilakukan selama menunggu proses operasi yang di perkirakan selama 6 bulan.

Kepada semua pihak, kiranya dapat terketuk memberikan bantuan, dalam meringankan beban Sri Nanda Rahayu dan keluarga. Bantuan dapat disalurkan melalui ibunya, dengan rekening: 3263-01-023053-53-0, Bank Rakyat Indonesia, Unit Kawali-Ciamis, atas nama: Yayah Herlina.

Bantuan yang terkumpul, akan digunakan untuk Sri. Khususnya kebutuhan selama menunggu operasi. Bila ada kelebihan bantuan, akan digunakan untuk biaya pendidikan Sri selanjutnya.

Laporan akan dibuat secara terbuka kepada masyarakat. Informasi lebih jelas, dapat menghubungi Agus Munawar, telpon: 08997328170, email: komunitasgadamembaca@gmail.com.***

No More Posts Available.

No more pages to load.