Saat Empat Bakal Calon Rektor UPI Tampil Bareng

oleh -441 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Awal pekan ini, Panitia Pemilihan Rektor UPI menyelenggarakan “Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UPI masa bakti 2020-2025”.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Achmad Sanusi UPI, Jln. Dr. Setiabudhi 229 Bandung itu, tampil empat bakal calon Rektor UPI 2020-2025 yang dinyatakan lolos seleksi oleh panitia pemilihan Rektor UPI yaitu Prof. Dr. H. Bunyamin Maftuh, M.Pd., MA.; Prof. Dr. H. Didi Sukyadi, MA; Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA; dan Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si..

Ketua panitia Pemilihan Rektor UPI, Dr. R. Boyke Mulyana, M.Pd., mengatakan, penyajian kertas kerja bakal calon Rektor UPI ini merupakan rangkaian kegiatan penjaringan pemilihan Rektor UPI 2020-2025.

“Setelah penyajian kertas kerja selesai, dilanjutkan dengan pemilihan rektor oleh Senat Akademik Universitas Pendidikan Indonesia. Kemudian dilanjutkan pemilihan rektor oleh Majelis Wali Amanat Universitas Pendidikan Indonesia,” terangnya.

Saat menyajikan kertas kerja, bakal calon rektor UPI, Bunyamin Maftuh, menyampaikan visi andalannya yaitu membangun UPI masa depan menuju universitas berkelas dunia di bidang pendidikan.

“Program dan strategi menuju UPI masa depan dilakukan antara lain melalui membangun kepemimpinan (leadership) UPI yang sinergis, tata kelola UPI yang sinergis, peningkatan sumber daya manusia, dan peningkatan manajemen akademik untuk mendukung kampus merdeka dan kemerdekaan belajar,” cetusnya.

Pada kesempatan kedua, bakal calon rektor Didi Sukyadi, menganalisis, dalam 5 tahun terakhir ini, kinerja UPI menuju ke arah yang lebih baik, terutama dalam pembelajaran, riset, publikasi, inovasi dan hilirisasi hasil riset, SDM, keuangan serta sarpras.

“Akan tetapi, dibanding universitas lain, UPI harus berlari lebih kencang lagi. UPI memiliki modal dasar dan rasa percaya diri untuk lebih melesat maju dengan mengoptimalkan tata kelola SDM, keuangan, sarana dan prasarana, pembinaan mahasiswa, dengan berkaca pada pengalaman sebelumnya,” ujarnya.

Pada kesempatan ketiga, bakal calon rektor, Solehuddin, menyampaikan visi UPI untuk pembangunan bangsa berkarakter unggul melalui kampus merdeka.

Saat pemaparan, Solehuddin mempromosikan konsep UPI EDUN. Konsep ini merupakan harapan 5 tahun ke depan untuk UPI.

“UPI EDUN ini merupakan singkatan dari Etis, Digjaya, Unggul dan Nanjeur dan juga “Education for upturn of nation”. Capaian dari UPI EDUN ini yaitu dosen & tendik edun, mahasiswa edun, sarpras edun, Tri Dharma EDUN dan prestasi edun,” katanya.

Terakhir, bakal calon rektor UPI, Asep Kadarohman, menuturkan, terkait dengan peningkatan capaian kinerja kelembagaan UPI dari tahun 2016-2020.

“Peningkatan kinerja kelembagaan tersebut terutama dalam capaian kinerja bidang akademik dan pembelajaran, pengembangan sumber daya manusia dan sistem keuangan, teknologi informasi dan layanan, fasilitas dan sarana dan prasarana,” katanya.

“Strategi mencapai target RPJP 2021-2025 berorientasi pada pencapaian universitas rujukan tingkat ASEAN di bidang pendidikan dan beberapa bidang ilmu nonkependidikan. Itu dilakukan melalui berbagai inovasi dalam kebijakan, program dan kegiatan pada penelitian dan pengabdian pada masyarakat, pendidikan, akreditasi dan rekognisi, ketenagaan dan keuangan, kemahasiswaan dan sarana prasarana, serta organisasi,” tambah Asep. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.