Kemendikbud Gandeng Rencanamu.id, Sediakan Platform Persiapan Kuliah dan Karier

oleh -39 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkerja sama dengan Rencanamu.id dalam menyediakan platform persiapan kuliah dan karier.

Rencanamu.id menghadirkan layanan persiapan kuliah yang terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier secara cuma-cuma bagi peserta didik SMA di seluruh Indonesia.

“Persiapan kuliah dan bimbingan karier adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan peserta didik khususnya di tingkat SMA. Namun, intervensi persiapan kuliah dan bimbingan karier masih sangat minim, ditambah informasi terkait dinamika dunia karier dan industri yang begitu cepat berubah, dan akses informasi pun tidak tersebar secara merata,” Founder & CEO Rencanamu, Rizky Muhammad, dalam siaran pers, Republika.co.id, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, berdasarkan data internal survei ke lebih dari 2 juta pengguna Rencanamu, hampir 92 persen peserta didik tingkat SMA bingung dan tidak yakin ingin ambil jurusan apa setelah lulus. Selanjutnya hampir 50 persen mahasiswa merasa salah jurusan.

Terdapat ketimpangan antara bidang-bidang yang ditekuni siswa dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara supply dan demand di dunia kerja. Ini adalah masalah besar yang perlu dipecahkan untuk dapat menemukan solusinya.

“Rencanamu.id terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik terkait persiapan kuliah serta perencanaan jurusan dan karier. Berdasarkan data Rencanamu dalam 3 tahun terakhir, lebih dari 90 persen pengguna Rencanamu merasa lebih yakin dan mengetahui tujuan mereka setelah menggunakan Rencanamu. Peserta didik akan lebih semangat belajar dan gigih mencapai tujuan jika mereka menekuni bidang yang sesuai dengan minatnya,” ujar Rizky.

Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto, menyambut baik dukungan Rencanamu pada program Pemerintah untuk memberikan program bimbingan karier dan persiapan kuliah. Terlebih fenomena salah jurusan adalah permasalahan klasik yang berdampak panjang terhadap produktivitas SDM Indonesia, sehingga intervensi dini terkait persiapan karier sangat penting dilakukan.

“Kerjasama antara Direktorat Pembinaan SMA dan Rencanamu dalam pemberian akses layanan persiapan kuliah diharapkan dapat menjadi solusi terkait permasalah klasik yaitu salah jurusan dan ketimpangan antara bidang-bidang yang dibutuhkan industri dan bidang-bidang yang ditekuni peserta didik,” katanya. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.