News  

BMKG: Hoaks, 3 Hari ke Depan Arus Angin dari Utara ke Selatan Bawa Wabah Penyakit

Share

DIDIKPOS.COM – Beberapa hari ini beredar pesan singkat di masyarakat melalui whatsapp yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan dan membawa wabah penyakit.

Menanggapi isu tersebut Plt Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Drs. Herizal, M.Si., menjelaskan, informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit dipastikan bukan berasal dari BMKG.

“Isi informasi tersebut hoaks serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Herizal, dalam siaran pers, Jumat (10/4/2020).

Dituturkannya, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Sehingga, sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari benua Asia).

Bahkan, lanjutnya, di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur – selatan (dari benua Australia).

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi, yaitu melalui: http://www.bmkg.go.id; follow @infobmkg;
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” terang Herizal. (egi kahlil gibran)***