Pemkab Pangandaran-Pangkalan TNI AL Bandung Dirikan Rumah Pintar di Bojongsalawe

Share

DIDIKPOS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI AL III Pangkalan TNI AL Bandung mendirikan Rumah Pintar di Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi.

Pendirian Rumah Pintar ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya masyarakat dalam bidang pendidikan masyarakat di pesisir pantai.

Peresmian Rumah Pintar dilakukan oleh Sekda Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana, M.M., didampingi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono.

“Alhamdulilah, hari ini adalah bukti nyata dari TNI AL terhadap masyarakat Kabupaten Pangandaran dalam bentuk pembuatan Rumah Pintar, Taman Bacaan, dan Kampung Bahari. Adanya tiga fasilitas itu akan mengembangkan pendidikan, ekonomi, dan pariwisata,“ ujar Sekda Kabupaten Pangandaran, Kusdiana, pada saat peremian Rumah Pintar, Rabu (18/11/2020).

“Ini sangat positif. Kita akan memfasilitasai kaitan tiga hal tersebut dan selanjutnya akan kita kembangkan. Sehingga, masyarakat bisa teredukasi. Dari sisi ekonomi lebih meningkat dan dari sisi pariwisata diharapkan terus berkembang,“ sambungnya.

Sementara Danlanal Bandung, Kolonel Laut (P) Batos Leksono, mengatakan kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dilaksanakan di beberapa tempat di indonesia, salah satunya adalah di Pangandaran.

“Sebenarnya, kegiatan Danwilhanla Wilayah Pesisir Tahun 2020 ini sudah direncanakan dari Mabes AL. Ada empat daerah yang melaksanakan kegiatan ini, yaitu Belewan, Pontianak, Balikpapan, dan Pangandaran,” sebutnya.

Menurutnya, berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Danwilhanla Wilayah Pesisir Tahun 2020. Di antaranya renovasi musola, rumah jembatan, dan sosialisasi bela negara,

Lalu, mendukung penerapan protokol kesehatan pandemi Covid-19 dan pemberian sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid.

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan. Apa-apa yang sudah dibikinkan oleh kita bisa diteruskan oleh masyarakat. Juga ada perhatian dari Pemda terkait keberlanjutan program-program ini,” harapnya.

Momen ini juga merupakan salah satu rangkaian Apel Komcad/Komduk TNI AL dalam pemberdayaan wilayah pertahanan laut di lapang parkir Pelabuhan Bojongsalawe Pangandaran. (des)***