Lulus SNMPTN 2020, KIP Kuliah Alokasikan untuk 25 Ribu Calon Mahasiswa

Share

DIDIKPOS.COM – Sebanyak 25.398 peserta merupakan calon penerima KIP Kuliah (26 %). Adapun total pendaftar SNMPTN 2020 yang melamar KIP Kuliah berjumlah 95.346 siswa.

Diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 secara daring, Rabu (8/4/2020). Sebanyak 96.496 siswa dari 489.601 pendaftar dinyatakan lulus dan masuk di 86 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia.

“Para calon mahasiswa ini perlu diverifikasi terlebih dahulu oleh perguruan tinggi masing-masing. Kemendikbud mengimbau masyarakat agar penggunaan KIP Kuliah tepat guna dan sasaran, yakni bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam, dilansir kemdikbud.go.id, Jumat (10/4/2020).

“KIP Kuliah ditujukan bagi keluarga tidak mampu. Jadi, kalau orang tuanya karena kondisi saat ini kena PHK dan sebagainya, tentu mereka berhak mengajukan KIP Kuliah,” sambungnya.

Ketua LTMPT, Nasih mengingatkan agar calon mahasiswa baru menaati jadwal daftar ulang yang ditentukan agar perguruan tinggi dapat memiliki data yang baik untuk kebijakan jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya.

“Ikuti jadwal daftar ulangnya. Kalau ada masalah dengan ekonomi dan lain-lain, jangan menunda daftar ulang. Sampaikan bila ada kesulitan ekonomi dan lain-lain yang menyebabkan yang bersangkutan tidak bisa segera membayar,” imbaunya. (haifa fauziyyah)***