Hardiknas, UPI Luncurkan Buku “Pendidikan Menuju Indonesia Emas”

UPI meluncurkan buku bertajuk "Pendidikan Menuju Indonesia Emas", Sabtu (2/5/2020), (Foto: Humas UPI).

Share

DIDIKPOS.COM – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan buku bertajuk “Pendidikan Menuju Indonesia Emas”, Sabtu (2/5/2020).

Buku setebal 3.000 halaman yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) itu merupakan karya 91 penulis yang sebagian besar merupakan akademisi UPI. Persiapan menerbitkan buku dimulai pada Januari 2020.

Rektor UPI, Prof. Asep Kadarohman mengatakan, buku ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan bagi para pengambil keputusan dalam mempersiapkan Indonesia menuju era Indonesia Emas pada 2045.

“Buku tersebut berisi pemikiran pakar pendidikan tentang bagaimana menyiapkan sumber daya manusia berkualiatas agar Indonesia bisa mencapai masa keemasan pada 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka,” kata Asep.

Menurut Asep, untuk menuju Indonesia Emas, sesuai Visi Indonesia 2045 “berdaulat, maju, adil, dan makmur”, pendidikan memegang peran penting dan strategis.

“Dengan jumlah penduduk yang diproyeksikan akan mencapai 318 juta jiwa pada tahun 2045, apabila tidak didukung oleh basis pendidikan yang berkualitas, jumlah penduduk sebesar itu akan menjadi beban yang berat. Sebaliknya, dengan pendidikan, dapat dihasilkan generasi emas yang berkualitas,” terangnya.

Asep menambahkan, sumber daya manusia yang berkualitas dicirikan dengan kemampuan beradaptasi terhadap tantangan-tantangan masa depan. Sumber daya manusia berkualitas juga mempunyai pemikiran kedepan, keahlian dalam menciptakan Indonesia yang aman dan damai serta mempunyai jiwa kebangsaan yang kuat.

“Sumber daya manusia Indonesia juga harus melek teknologi karena makin ke sana dunia makin tak tersekat,” pungkas Asep. (des)***