Gubernur dan Kadisdik Jabar Beri Catatan Khusus untuk MPLS Tahun Ajaran 2020/2021

oleh -136 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA, SMK, dan SLB tahun ajaran 2020/2021 di Jawa Barat dimulai hari ini, Senin (13/7/2020). MPLS yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini akan dilaksanakan hingga Sabtu, 17 Juli 2020.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi, memberi catatan khusus untuk MPLS tahun ajaran 2020/2021. Menurut Dedi, MPLS tahun ini menjadi sejarah baru baru dalam pengembangan pendidikan. Kecuali di beberapa sekolah di Kota Sukabumi yang dilakukan secara tatap muka, MPLS di SMA, SMK, dan SLB lain di Jabar, sebagian besar digelar secara daring, termasuk pembukaan MPLS yang digelar melalui konferensi video.

“Ini menjadi sejarah dan cerita kita kepada dunia. Meski di era pandemi Covid-19, kita tetap melaksanakan MPLS dengan sebaik-baiknya,” kata Dedi, saat membuka MPLS tahun ajaran 2020/2021.

Dedi menuturkan, bagi beberapa sekolah di Kota Sukabumi yang mengadakan MPLS secara tatap muka di sekolah, Kadisdik mengimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, sekolah harus mengetahui kondisi siswa, mulai dari berangkat ke sekolah hingga memastikan kepulangan siswa ke rumah.

“Ini dilakukan demi kesehatan anak didik. Karena, itu yang paling utama bagi kami,” tegasnya.

Materi yang disampaikan sekolah pada masa MPLS ini, yaitu pengenalan profil sekolah, menyosialisasikan program unggulan sekolah, pengenalan ekstrakulikuler, pendidikan dasar kepemimpinan siswa, mengenalkan Jabar Masagi, dan pendidikan antikorupsi.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, berharap agar MPLS mampu menyiapkan mental siswa yang baru memasuki masa pembelajaran di SMA, SMK, dan SLB yang merupakan lingkungan baru.

Untuk menyiapkan mental tersebut, kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, para siswa akan mendapatkan banyak materi dan pengetahuan melalui kegiatan tersebut.

“Adik-adik akan mendapatkan pengenalan mendalam terkait sekolah. Ada pendidikan dasar kepemimpinan, materi tentang cinta tanah air, kearifan budaya lokal, dan Jabar Masagi,” tuturnya.

Emil mengajak seluruh guru dan tenaga pendidik untuk menyukseskan MPLS tahun ini. Ia juga memberi semangat kepada para siswa untuk mengikuti MPLS.

“Saya percaya, Adik-adik adalah barudak Jabar yang Juara Lahir Batin,” ungkapnya.

Konferensi video pembukaan MPLS di Jabar ini, selain diikuti Gubernur Jabar dan Kadisdik Jabar, juga diikuti seluruh kepala bidang di lingkungan Disdik Jabar, Kepala UPTD Tikomdik, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I-XIII, Ketua MKKS SMA/SMK/SLB provinsi dan kabupaten/kota, Ketua MKPS SMA/SMK/SLB provinsi dan kabupaten/kota, serta perwakilan ketua OSIS di tiap kabupaten/kota. (haf)***

No More Posts Available.

No more pages to load.