Satu Abad ITB, Ini Pesan dari Presiden Jokowi

oleh -109 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Institut Teknologi Bandung (ITB) peringati usianya yang ke 100 tahun atau satu abad dengan menggelar video konferensi bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Jumat (3/7/2020).

Saat video konferensi, Jokowi menyampaikan pesan dan kebanggaannya terhadap ITB yang tak hanya mengembangkan teknik, tapi juga pendidikan seni dan budaya.

“ITB diharapkan terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa, menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan membuat inovasi yang bermanfaat. Peran perguruan tinggi harus signifikan dalam kemajuan Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, tantangan bangsa Indonesia akan semakin besar saat kondisi disrupsi di berbagai bidang. Persaingan antarnegara akan semakin ketat.

Untuk menghadapi tantangan itu, lanjutnya, perlu dibarengi dengan ilmu pengetahuan dan ssmangat juang yang tinggi.

“Kontribusi ITB ditunggu. ITB untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Tunjukkan kualitas akademisi kita ke level dunia. Tunjukkan kontribusi ITB untuk kemajuan dunia,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan kekagumannya kepada ITB karena tak hanya berfokus pada pendidikan teknik, tetapi juga telah mengembangkan pendidikan seni dan budaya.

“Nama-nama besar seniman dan budayawan muncul dari ITB. Hal itu menunjukkan bahwa ITB telah mewarnai perjalanan Indonesia,” cetus Jokowi.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah mengatakan, menginjak usia 100 tahun, ITB akan berupaya menjadi perguruan tinggi yang lebih baik dengan cara melakukan transformasi organisasi. Tantangan masa depan akan lebih berat sehingga ITB perlu membenahi internal ITB.

“Harus memperkuat lagi pondasi sehingga diakhir masa jabatan, penurus ITB bisa lebih kencang berlari,” kata Reini.

Dengan perbaikan internal, Reini berharap, rangking ITB secara global mampu meningkat signifikan.

“Saat ini, ITB menduduki rangking 313 pada level internasional. Rangking tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu, namun peningkatannya belum signifikan,” sebutnya. (hfa)***

No More Posts Available.

No more pages to load.