BASKOM

Ilustrasi, (Foto: Kemenag.go.id).

Share

Oleh Eliza

PERBINCANGAN yang menghasilkan “GOLEK dan BASKOM Literasi” di siang hari menjelang sore itu benar-benar pecah. Enam orang seperti sama dengan 20 orang, terdengar lebay ya, tapi nyata.

Diskusi ilmiah bersama dengan para master & mentor Kahot Purwakarta menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya yang baru mau belajar. Dan sangat istimewa.

Padahal ini pertemuan tatap muka pertama bagi kami. Ternyata, dunia nyata jauh lebih menarik dibandingkan dengan dunia maya. Heboh, beradu argumentasi. Saling memberi masukan, kritik, dan saran yang konstruktif.

Berkumpul dengan orang-orang hebat yang selalu menjadi motivator sekaligus inspirator itu menyisakan cerita yang luar biasa.

Dengan izin Allah SWT, bersyukur bertemu dengan Bunda Tanti, ahli parenting coaching; Bu Rita sang penggagas GOLEK; Bu Ika sang ahli dongeng; Mrs. Isna, master English kita; dan Teh Upia, sang writer imut kita yang mengajarkan banyak hal.

Meski santai dan penuh tawa. Dari perbincangan itu muncul program-program luar biasa dan catching.

InsyaAllah di bawah pimpinan Bu Ika Dahliawati dengan bendera Literat Qolbu (LQ), kita mampu membentuk kumpulan/komunitas yang akan menghantarkan kita pada singgasana berkilau di syurga yang dijanjikan Rasulullah, yakni komunitas yang duduk bersama di majelis ilmu.

Sekarang pertanyaannya, apa sih BASKOM?

Pertama-tama, kita harus tahu dulu bahwa BASKOM adalah kalimat akronim dari Bina AkSara dan Komunitas Literasi.

Pertanyaan berikutnya, kenapa harus BASKOM?

Karena BASKOM secara jism (bentuk) adalah wadah yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tempat air untuk cuci tangan atau muka. namun pada umumnya IRT memfungsikan baskom sebagai tempat untuk mengulangi adonan hingga menjadi sesuatu yang lezat dan indah.

LQ berharap dari filosofi BASKOM kelak LQ akan menjadi wadah/tempat yang akan menghasilkan manusia-manusia berdaya guna dan siap menjadi lokomotor literasi di Kabupaten Purwakarta.

Dalam BASKOM Literasi kita akan menggarap program-program unggulan, di antaranya:

1) GOLEK: Go wes … Literasi EduKasi
2) Parenting
3) Dongeng
4) Komunitas penulis
5) Pelatihan UKM
6) Kajian Islami

Dan insyaAllah masih banyak program yang lainnya.***

Penulis adalah Guru RA Baetul Ghafur Purwakarta.