Bupati Pangandaran: Linmas Harus Ingatkan Warga tentang Protokol Kesehatan

oleh -348 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Sebanyak 348 anggota Satlinmas dari Kecamatan Sidamulih dan Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran mengikuti pembinaan Linmas, di Lapang Kecamatan Sidamulih, Senin (21/9/2020).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, didampingi Kasatpol PP Kabupaten Pangandaran Drs. H. Undang Sohbarudin, Danramil Pangandaran, Camat Sidamulih, dan beberapa Kepala Desa.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan khususnya membangun kesempatan, keterpaduan menjelang penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Pangandaran,” ujar Kasatpol PP Kabupaten Pangandaran, Undang Sohbarudin, Senin (21/9/2020).

Undang menuturkan, Linmas yang mengikuti pelatihan ini nantinya akan dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada.

“Mereka nanti akan ditugaskan dalam kegiatan pelaksanaan Pilkada. Ditempatkan di TPS selaku PAM wilayah,” tambah Undang.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, pembinaan ini berkaitan dengan pekerjaan Linas di musim pandemi Corona.

“Pembinaan Linmas di Kabupaten Pangandaran berkaitan dengan dua hal. Yang pertama, tentu yang sekarang menjadi sesuatu yang harus kita cermati betul yaitu pandemi corona,” katanya.

Ia mengharapkan kesiapan anggota Linmas untuk mengontrol kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

“Sekarang ini yang hajatan dibuka sampai dengan malam, sekolah juga sudah mulai dibuka. Saya minta dan saya mohon kerelaannya anggota Linmas untuk mengontrol kalau hajat protokol kesehatannya dilakukan atau tidak. Kalau tidak, tentu tegur agar protokol kesehatannya dilakukan,” tuturnya.

“Selain itu untuk selalu mengingatkan ke undangan harus pakai masker. Dari yang hajat juga harus menyiapkan masker, cuci tangan, jaga jarak itu dikontrol. Sehingga membantu aparat kepolisian, gugus tugas, desa, dan kita semua,” imbuhnya.

Lanjut Bupati, tugas Linmas yang kedua adalah berkoordinasi dengan sekolah dalam pelaksanaan pembukaan sekolah di Pangandaran di masa pandemi Corona.

“Hari ini mulai pembukaan sekolah. Anak-anak kita dikasih face shield, masker, ada cuci tangan, handsanitaizer, termogan. Juga sekolah diatur tidak sekaligus, hanya beberapa orang. Saya mohon Pak Camat koordinasi dengan Kepala Desa agar Linmas dilibatkan untuk mengawasi pagi, siang, bergerombol atau tidak. Itu untuk menjaga jangan sampai hajatan dan sekolah menjadi klaster penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pangandaran,” tegasnya.

Terkait tugas Linmas dalam pelaksanaan Pilkada, Bupati mengingatkan anggota Linmas selain menjaga keamanan dan ketertiban tugas, juga mengingatkan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Selanjutnya nanti di pelaksanaan Pemilu tentu akan dilibatkan di TPS-TPS. Saya kira dijaga protokol kesehatannya, Kita tidak ingin Pemilu ini menjadi klaster penyebaran virus Covid-19,” pungkas Bupati. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.