Kuota Internet Gratis, Kemendikbud: Masih Finalisasi, Diluncurkan September

Share

DIDIKPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih melakukan finalisasi teknis terkait pemberian kuota internet gratis bagi sekolah dan perguruan tinggi (PT). Rencananya, kuota internet gratis akan diberikan mulai September ini.

“Mekanisme teknisnya masih dalam finalisasi,” kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kemendikbud, Evy Mulyani, dikutip Republika.co.id, Senin (31/8/2020).

Sebelumnya, Mendikbud, Nadiem Makarim, dalam Webinar Sistem Pendidikan di Tengah Pandemi Covid, Minggu (30/8/2020) malam meminta agar masyarakat menunggu teknis pemberian kuota tersebut. Saat ini, Kemendikbud bersama dinas di daerah melakukan data entry.

“Saya tahu deadline-nya sangat sulit, tapi saya pasti, sudah kami pastikan akan ada cukup waktu dan akan selalu ada waktu untuk melakukan perbaikan ke depannya,” kata Nadiem.

Ia mendorong agar seluruh dinas dan kepala sekolah (kepsek) segera menyelesaikan pendataan siswa dan guru yang berhak menerima subsidi ini. Setelah itu, data tersebut segera dimasukkan di data pokok pendidikan (dapodik) untuk ditindaklanjuti.

Nadiem menambahkan, tanggung jawab akurasi data ada di masing-masing kepsek. Ia meminta agar kepsek di seluruh Indonesia memastikan agar orang tua siswa memberikan data yang akurat sehingga bantuan subsidi ini bisa tepat sasaran.

“Tugas berat kepsek yang bertanggung jawab memastikan data itu dan masuk ke dapodik. Tolong secepatnya. Mohon bantuan kepala dinas dan pemerintah daerah untuk bisa mendorong,” kata Nadiem. (haf)***